kegunaan spidol posca

Berikut adalah informasi mengenai Jual Marker Kaligrafi POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Membuat Kaligrafi


Kaligrafi adalah bentuk karya kesenian yang fokus pada keindahan dengan melakukan modifikasi atau mengaplikasikan style tersendiri kepada huruf sehingga mampu menghasilkan nilai estetika yang indah. Intinya kaligrafi dapat dikatakan sebagai menciptakan kalimat indah yang dihasilkan oleh tangan. Akan tetapi tahukah Anda jika kita dapat menggunakan spidol kaligrafi untuk menggambar sebuah kaligrafi?



Andaikata kita mendengar kata "kaligrafi", maka yang langsung terbayang seni kaligrafi dari berbagai huruf Arab yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah kalimat. Secara umum, seni kaligrafi tidak hanya dikhususkan pada huruf-huruf Arab saja, melainkan macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta hingga huruf Jawa kuno.

Setiap seniman memiliki style tersendiri dalam menggambar kaligrafi, dan tergantung dari kreatifitas masing-masing orang. Ada yang fokus pada latar belakang yang dipadukan dengan huruf yang sudah dimodifikasi, namun ada pula yang baik huruf dan background terlihat jadi satu. Apapun itu tekniknya tetap saja seni kaligrafi tampak cantik.

Dari ilmunya, seni kaligrafi dapat dibedakan menjadi beberapa cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang kaligrafi mempunyai ilustrator yang terkenal. Tapi untuk kita yang awam mengenai cabang kaligrafi, pasti semua tampak menarik.

SEJARAH KALIGRAFI


Semenjak ditemukannya kertas sebagai media gambar, maka kaligrafi pun mulai berkembang pesat. Misalnya di Tiongkok, dimana kaligrafi sudah menjadi budaya karena merupakan ciri khas dari seseorang yang terpelajar. Hal yang sama juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana seni kaligrafi adalah sebuah seni yang sangat diakui nilainya.

Sedangkan untuk seni kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenal dengan Khat. Berdasarkan hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat merupakan ilmu yang mengajarkan tentang huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya dalam suatu tatanan atau rangkaian tulisan, atau juga semua yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, berikut apa dan bagaimana ejaan yang dapat diubah.



Walaupun begitu, bangsa Arab faktanya termasuk tertinggal untuk kaligrafi dibanding dengan bangsa lainnya. Contohnya bangsa Mesir dengan tulisan Hierogliph, bangsa Indian dengan Devanagari, dan juga bangsa Jepang dengan aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini dikarenakan bangsa Arab merupakan bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) dengan begitu untuk berkomunikasi lebih mementingkan lisan daripada tulisan.

Tulisan pun baru dikenali oleh bangsa Arab pada masa kedatangan Islam, yang dibarengi dengan huruf Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal melalui kaligrafi, misalnya Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dimulai yang awalnya sebagai media untuk menyalin kitab suci, seni kaligrafi pun berkembang menjadi karya seni yang macam-macam.

PERLENGKAPAN KALIGRAFI


Tentunya ada beberapa tipe perlengkapan yang bisa digunakan untuk membuat kaligrafi. Peralatan itu juga menyesuaikan dengan style sang pembuat kaligrafi, karena setiap alat dan medianya dapat menghasilkan gaya kaligrafi yang bervariasi.




1. Alat Gambar


Kegunaannya adalah menciptakan kaligrafi itu sendiri, dan jenisnya juga bermacam-macam. Berikut adalah berbagai alat gambar yang mampu digunakan.

- Pensil


Pensil sudah menjadi alat tulis dan menggambar mulai ditemukannya grafit yang merupakan bahan utamanya. Semakin lama semakin berkembang sebab grafit sebagai bahan dapat dimodifikasi level kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang berbeda-beda. Semakin keras grafit maka semakin tipis guratan garisnya, dan semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena menjadi pilihan utama bagi seorang yang ingin menciptakan kaligrafi dengan garis yang tampak lebih kuat serta tegas dibanding dengan pensil. Pena juga memiliki bermacam tipe, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, serta juga pena logam. Untuk pena logam bisa dicari secara mudah di toko, sedangkan lainnya harus dibuat sendiri.

Untuk pena bambu serta kayu, kita bisa membuatnya sendiri menggunakan batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang sekitar 20 cm atau secukupnya kita. Kemudian ujung dipotong dengan runcing atau pipih bergantung dengan ketebalan yang ingin dihasilkan. Sedang untuk pena bulu, bulu binatang yang paling cocok adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita dapat mencarinya dengan mudah di toko yang menjual berbagai perlengkapan kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang berbeda untuk menghasilkan garis yang tipis hingga tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga biasa digunakan untuk menggambar, dan tentu juga bisa digunakan untuk membuat seni kaligrafi. Secara struktur, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam beberapa tipe warna, dengan begitu kita bisa berkreasi secara gampang. Selain itu karena tintanya berada di dalam busa spidol, kita tidak perlu takut tinta tersebut tumpah kemana-mana.

- Pulpen


Kendati warna yang ada amat terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen mampu menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menciptakan seni kaligrafi. Memang perlu teknik khusus untuk membuat sebuah garis tebal layaknya kuas atau spidol, namun seni kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol dapat terlihat indah. Secara struktur, pulpen mempunyai ujung bulat seperti bola yang berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk memberikan warna, ada beberapa variasi peralatan yang tersedia dan bisa Anda pakai.


- Pensil Warna


Dilihat dari bentuk terlihat tidak jauh berbeda dibandingkan pensil pada umumnya. Perbedaan terletak di isinya, dimana pensil pada umumnya memakai grafit, sedangkan pensil warna berisikan leads yang memiliki bahan campuran dari pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax dan serfactant.

Sekarang terdapat pensil warna yang setelah digoreskan di kertas, mampu dikuaskan oleh air sehingga nampak menjadi bagaikan cat air. Teknik yang tepat dapat menciptakan kaligrafi yang indah.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak mampu menghasilkan hasil kuasan yang tebal. Jika sebuah warna ditindih oleh warna lain, maka warna yang tertindih masih akan samar-samar terlihat.

- Cat Minyak


Untuk seorang pelukis, maka cat minyak adalah bahan yang sangat biasa digunakan. Cat minyak tersebut dipakai untuk pewarna dengan menggunakan pengencer minyak. Cat minyak juga dapat menghasilkan kesan yang gelap dan terang. Seni kaligrafi tentunya juga mampu dihasilkan menggunakan cat minyak.

- Cat Semprot


Biasanya dikenal dengan air brush. Untuk memakainya dibutuhkan alat yakni kompresor untuk menyemprotkan cat yang wujudnya cair ke permukaan media. Secara umum cat semprot banyak dipakai untuk memperindah kendaraan. Namun ada juga yang memakai cat semprot pada media seperti tembok, bahkan kuku. Diperlukan teknik yang tinggi untuk menggunakan cat semprot ini.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini telah digunakan sejak dulu baik untuk menulis ataupun menciptakan sebuah karya seni rupa. Kalau dulu hanya tersedia warna hitam saja, sekarang ini warna tinta pun bermacam-macam dan dibuat dengan bahan yang juga bermacam-macam.

3. Media Gambar


Setelah alat dan bahan membuat kaligrafi telah ada, maka satu hal penting lainnya adalah media untuk menggambar.


- Kertas


Kertas merupakan media penting untuk menggambar, terlebih kaligrafi. Kertas sendiri telah ditemukan sejak dulu di Tiongkok dan tetap digunakan hingga kini. Sejak ditemukan, kertas menjelma jadi media utama untuk menulis ataupun menggambar.

Kertas pun menjadi media yang cocok bagi siapapun yang ingin belajar untuk membuat kaligrafi. Misalnya menggaris sketsa terlebih dulu memakai pensil. Sehingga ketika salah, maka dapat dihapus dengan mudah. Sesudah itu garis-garisnya bisa ditebalkan dan diberi warna.

- Kanvas


Saat membahas kegiatan melukis, maka kanvas merupakan media nomor satu. Kanvas adalah kain yang dikombinasikan dengan lem dan memiliki permukaan yang bertekstur. Kanvas pun dapat bertahan lama ketika disimpan dengan tepat.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukan kertas, manusia memakai kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dibuat menjadi media tulis atau gambar. Kulit hewan yang umum dipakai adalah sapi atau kerbau. Kulit pun merupakan bahan yang awet untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Bergantung dengan kreatifitas si perupa, banyak media yang dapat dipakai untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat seni kaligrafi. Misalnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi kendaraan yang dilukis dengan cantik memakai air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Siapa bilang kita tidak dapat membuat seni kaligrafi dengan spidol? Saat membuat sebuah seni kaligrafi yang berisi font atau teks, ada kalanya kita harus membuat garis yang tebal. Dengan menggunakan spidol, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengulangi garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya memang waktu yang lama.

Cara lainnya dapat memakai spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut sekitar 30-40 derajat untuk menghasilkan garis yang tebal. Satu spidol yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Ada beberapa varian jenis spidol/marker POSCA yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran ujungnya pun berbagai macam, dengan paling kecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya sendiri bermacam-macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk beberapa tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Tiap tipe memiliki jumlah warna yang berbeda.





Andai memakai spidol biasa, maka kita perlu melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dengan sudut miring agar dapat menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Cara memotong spidol kaligrafi juga termasuk mudah dengan mengandalkan cutter yang tajam.

Akan tetapi jika kita tak ingin repot, maka dapat memakai spidol khusus kaligrafi yang dapat dijumpai dalam bermacam merk.Terdapat beberapa merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).




SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA adalah spidol atau marker water-based yang bisa dipakai pada berbagai macam permukaan. Bahan cat yang ada di dalamnya tidak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air setelah kering dan tak tembus pada kertas.

Spidol ini dapat dipergunakan untuk membuat gambar atau kaligrafi dengan desain yang berbagai macam pada beberapa permukaan, seperti kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Sejumlah artis yang terkenal dengan membuat gambar dan seni kaligrafi dengan spidol kaligrafi POSCA. Hasilnya dikenal dengan POSCA art. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu tentang spidol POSCA pasti akan mempunyai banyak pertanyaan mengenai nilai plus yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.

spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA sifatnya permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen pada bahan yang berpori seperti kain, kertas, kayu dan lainnya. Tetapi tak permanen (dapat dihapus) pada permukaan tak berpori seperti misalnya kaca.

+ Apakah tidak berbahaya untuk anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, sehingga sangatlah aman untuk anak-anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA memiliki bahan tak beracun dan dapat dengan mudah dibersihkan saat terkena kulit. Tapi jangan digunakan dengan sembarangan pada kulit seperti wajah seseorang, terlebih spidol ini belum diuji dengan standar kosmetik dan dermatologi.

+ Apakah bisa diisi ulang/refill?
- Semua tipe spidol POSCA tak dapat di-refill.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Waktu pengeringannya termasuk cepat. Secara umum, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori.

+ Apa warna yang sudah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA dapat permanen pada permukaan berpori-pori. Namun Anda bisa lebih mengoptimalkannya dengan melakukan berbagai cara, seperti memberi lapisan pernis, membakarnya jika Anda memakai keramik, atau menyetrika saat menggunakan POSCA di kain.

+ Apa yang harus dilakukan jika ujung spidol kering?
- Tidak perlu cemas saat tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun kering. Dengan menggunakan mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengalirkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangat kering, langsung lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa varian tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang dapat dihasilkan menggunakan spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mencampurnya atau menambahkan yang sudah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kira-kira seperti cat akrilik.

+ Dapatkah spidol POSCA dipakai pada kain?
- Bisa. Anda dapat menggunakannya di bermacam jenis kain dan berubah menjadi semakin permanen sesudah disetrika dan tidak akan luntur ketika dicuci. Tapi ketahanan kain jelas kembali lagi pada tipe kain yang digunakan.

Agar benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa menggunakan setrika uap. Agar maksimal, cuci kain terlebih dahulu sebelum menggunakan spidol POSCA. Untuk bahan kain yang lembut, disarankan menggambar garis tepi terlebih dulu lalu baru dalamnya diwarnai supaya menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA dipakai pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA dapat digunakan pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda dapat memberikan lapisan pernis atau memanggangnya di oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.

spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan di kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA bisa permanen ataupun tidak saat diaplikasikan pada kaca. Permanen jika kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus menggunakan lap basah.

+ Berapa lama spidol POSCA akan kering di kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan benar-benar kering sesudah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA bisa bekerja maksimal di kayu?
- Asalkan permukaan kayu sudah diamplas, maka spidol POSCA dapat dipakai secara maksimal.

+ Dapatkah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah dapat dipakai pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, akan tetapi lama-kelamaan bisa terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal mampu digunakan untuk di berbagai macam permukaan, dan banyak sekali seniman yang memakainya untuk membuat sketsa, gambar dan lain-lain. Jadi dapat dikatakan bahwa POSCA adalah spidol khusus kaligrafi. Anda dapat melihat hasil mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Ilustrator yang berdomisili di Paris ini dapat membuat sebuah gambar dengan garis yang bersih dan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan ukuran media yang termasuk kecil seperti misalnya notebook. Semua ia lakukan memakai spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja akses halaman Instagram-nya untuk menikmati hasil karyanya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Seniman yang satu ini biasa membuat sketsa terlebih dahulu memakai pensil, kemudian baru mengaplikasikan warna menggunakan spidol POSCA. Ia memiliki cir khas sering menggunakan ruang kosong (negative space) pada kertas untuk dijadikan bagian pada gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia merupakan surfer traveler artist, dimana ia sering memakai papan selancar sebagai media untuk menggambar menggunakan spidol POSCA. Selain itu ia juga kerap menggambar menggunakan media kaos dan kain dengan skala yang cukup besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah dengan memblok kertas menggunakan satu warna sebagai background. Kemudian baru ia mengaplikasikan gambar di atasnya. Menggunakan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan pertama kering terlebih dahulu baru kemudian mulai menggambar di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain menciptakan gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini sering membuat desain huruf atau lettering memakai spidol POSCA. Untuk menciptakan lettering atau typography, ia memakai jenis spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing bisa membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari berbagai hasil sketsa para ilustrator di atas, dapat kita saksikan sendiri bahwa POSCA merupakan spidol yang cocok untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat kaligrafi. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Ada 7 jenis spidol POSCA dengan spesifikasi yang berbeda, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Mencari spidol untuk kaligrafi POSCA? Langsung hubungi kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau langsung kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke berbagai kota di Indonesia.

Lantas berapa harga spidol kaligrafi ini? Anda bisa langsung mengontak nomor yang tersedia di atas untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Komentar

  1. Appakah spidol posca bisa permanent di atas silicon hp berbahan plastik? Kalau iya berapa lama tahannya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi