Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Berikut adalah informasi mengenai Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi


Kaligrafi adalah bentuk karya seni rupa yang fokus pada keindahan dengan memodifikasi atau memberikan gaya tersendiri pada huruf sehingga mampu memiliki estetika yang indah. Intinya kaligrafi adalah menciptakan kata indah yang dihasilkan oleh tangan seseorang. Tetapi tahukah Anda jika kita bisa menggunakan spidol kaligrafi untuk menggambar sebuah kaligrafi?



Andaikata kita membaca kata "kaligrafi", maka dapat langsung terbayangkan seni kaligrafi dari huruf-huruf Arab yang disusun dalam kalimat. Secara umum, kaligrafi tidak hanya dikhususkan pada huruf Arab saja, melainkan berbagai macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta dan huruf Jawa kuno.

Tiap ilustrator mempunyai gaya masing-masing ketika membuat kaligrafi, dan tergantung dari kreatifitas masing-masing. Ada yang memfokuskan diri pada background yang dipadukan dengan huruf yang telah dimodifikasi, namun terdapat pula yang baik huruf dan latar belakang nampak menyatu. Apapun itu teknik yang digunakan tetap saja seni kaligrafi tampak indah.

Dari ilmunya, kaligrafi bisa dibedakan menjadi berbagai cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang seni kaligrafi mempunyai ilustrator yang populer. Tapi bagi kita yang awam mengenai cabang kaligrafi, pastinya semua terlihat menarik.

SEJARAH KALIGRAFI


Semenjak ditemukannya kertas sebagai media tulis, maka kaligrafi pun mulai berkembang. Seperti misalnya di Tiongkok, dimana kaligrafi telah menjadi budaya karena menjadi ciri khas dari orang yang terpelajar. Hal yang sama juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana kaligrafi merupakan seni yang sangat diakui nilainya.

Sedang pada seni kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenali dengan Khat. Berdasarkan hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat merupakan ilmu yang mengenalkan mengenai huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya ke dalam sebuah tatanan atau rangkaian tulisan, atau juga semua yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, serta apa dan bagaimana ejaan yang dapat diubah.



Walau begitu, bangsa Arab faktanya termasuk ketinggalan dalam kaligrafi dibandingkan dengan bangsa yang lain. Contohnya bangsa Mesir dengan tulisan Hierogliph, bangsa Indian melalui Devanagari, dan juga bangsa Jepang dengan aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini dikarenakan bangsa Arab adalah bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) sehingga untuk komunikasi lebih mementingkan lisan ketimbang tulisan.

Tulisan pun baru dikenal oleh bangsa Arab saat masa kedatangan Islam, yang dibarengi dengan aksara Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal melalui kaligrafi, seperti Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dimulai yang awal mulanya sebagai media untuk menyalin kitab suci, seni kaligrafi pun berkembang menjadi produk seni yang macam-macam.

PERALATAN KALIGRAFI


Tentu terdapat berbagai jenis perlengkapan yang mampu digunakan untuk membuat kaligrafi. Perlengkapan itu juga menyesuaikan dengan gaya sang pembuat kaligrafi, karena tiap alat dan medianya dapat menghasilkan gaya kaligrafi yang berbeda.


1. Alat Gambar


Gunanya adalah menciptakan seni kaligrafi itu sendiri, dan tipenya pun bermacam-macam. Berikut merupakan berbagai alat gambar yang mampu digunakan.

- Pensil


Pensil telah menjadi alat tulis dan menggambar sejak ditemukannya grafit yang merupakan bahan utama. Semakin lama semakin berkembang karena grafit sebagai bahan mampu dimodifikasi tingkat kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang bermacam-macam. Semakin keras grafit maka semakin tipis coretan garisnya, serta semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena telah menjadi pilihan pertama untuk seseorang yang ingin membuat kaligrafi dengan garis yang nampak lebih kokoh serta tegas dibandingkan dengan pensil. Pena juga memiliki bermacam-macam tipe, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, serta juga pena logam. Untuk pena logam bisa dicari secara mudah di toko, sedang lainnya harus dibuat dengan sendiri.

Untuk pena bambu dan kayu, kita bisa membuatnya sendiri menggunakan batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang kira-kira 20 cm atau senyamannya kita. Kemudian ujung dipotong secara runcing atau pipih tergantung dengan ketebalan yang ingin dihasilkan. Sedang untuk pena bulu, bulu binatang yang paling sesuai adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita mampu mencarinya dengan mudah di toko yang menjual bermacam alat tulis kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang berbeda untuk menghasilkan garis yang tipis sampai tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga dapat digunakan untuk menggambar, dan tentunya juga dapat digunakan untuk membuat kaligrafi. Secara struktur, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam beberapa macam warna, dengan begitu kita dapat berkreasi dengan gampang. Selain itu karena tintanya terdapat di dalam busa spidol, kita tak perlu takut tinta tersebut tumpah berceceran.

- Pulpen


Walau warna yang tersedia amat terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen dapat menjadi opsi bagi Anda yang bertujuan untuk menciptakan seni kaligrafi. Tentu memerlukan cara tersendiri untuk menciptakan sebuah garis tebal seperti kuas atau spidol, namun kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol mampu terlihat indah. Secara struktur, pulpen memiliki ujung bulat seperti bola yang berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk memberikan warna, ada beberapa variasi alat yang tersedia dan dapat Anda pakai.




- Pensil Warna


Secara bentuk terlihat tidak jauh berbeda dengan pensil pada umumnya. Bedanya terletak pada isinya, dimana pensil biasa menggunakan grafit, sedangkan pensil warna berisikan leads yang berbahan campuran yakni pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax dan serfactant.

Saat ini terdapat pensil warna yang setelah digoreskan pada kertas, mampu dikuaskan oleh air sehingga tampak menjadi bagaikan cat air. Teknik yang tepat mampu menciptakan kaligrafi yang indah.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak mampu menghasilkan hasil kuasan yang tebal. Andaikata sebuah warna ditumpuk oleh warna lain, maka warna yang tertindih masih akan sedikit terlihat jelas.

- Cat Minyak


Untuk seorang pelukis, maka cat minyak merupakan bahan yang sangat biasa digunakan. Cat minyak ini dipakai sebagai pewarna dengan menggunakan pengencer minyak. Cat minyak juga dapat menghasilkan kesan yang gelap dan terang. Kaligrafi tentunya juga dapat diciptakan menggunakan cat minyak.

- Cat Semprot


Biasa dikenal dengan air brush. Untuk menggunakannya dibutuhkan alat berupa kompresor untuk menyemprotkan cat yang bentuknya cair ke permukaan media. Secara umum cat semprot banyak digunakan untuk mempercantik kendaraan. Namun ada juga yang memakai cat semprot pada media seperti tembok, bahkan kuku. Dibutuhkan teknik yang tinggi untuk memakai cat semprot tersebut.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini telah digunakan sejak lama baik untuk menulis atau menciptakan sebuah karya seni rupa. Kalau dahulu cuma terdapat warna hitam saja, saat ini warna tinta juga berbeda-beda dan dibuat dengan bahan yang juga berbeda.

3. Media Gambar


Setelah peralatan dan bahan menciptakan kaligrafi sudah ada, maka satu hal penting yang lain adalah media untuk menggambar.




- Kertas


Kertas merupakan media penting bagi menggambar, khususnya seni kaligrafi. Kertas sendiri sudah ditemukan sejak dulu di Tiongkok dan masih digunakan hingga kini. Semenjak ditemukan, kertas menjelma jadi media utama untuk menulis maupun menggambar.

Kertas pun merupakan media yang pas bagi siapapun yang ingin belajar untuk menggambar seni kaligrafi. Misalnya membuat sketsa terlebih dahulu memakai pensil. Sehingga ketika salah, maka dapat dihapus dengan mudah. Setelah itu tiap garis dapat ditebalkan dan diberikan warna.

- Kanvas


Jika berbicara aktifitas melukis, maka kanvas merupakan media nomor satu. Kanvas adalah kain yang dikombinasikan dengan lem dan mempunyai permukaan yang bertekstur. Kanvas pun bisa bertahan lama saat disimpan dengan seksama.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukan kertas, manusia memakai kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dijadikan media tulis ataupun gambar. Kulit binatang yang umum dipakai adalah sapi atau kerbau. Kulit pun termasuk bahan yang kuat untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Bergantung dengan kreatifitas si pembuat kaligrafi, banyak media yang dapat dipakai untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat seni kaligrafi. Misalnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi mobil yang dilukis dengan indah memakai air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Kata siapa kita tidak dapat membuat kaligrafi dengan spidol? Ketika membuat sebuah kaligrafi yang berisi font atau teks, ada kalanya kita harus membuat garis yang tebal. Dengan menggunakan spidol, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengulangi garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya membutuhkan waktu yang lama.

Cara lainnya dapat memakai spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut antara 30-40 derajat untuk menciptakan garis yang tebal. Salah satu yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Ada berbagai model jenis spidol/marker POSCA yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran ujungnya pun berbagai macam, dengan paling kecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya pun bermacam-macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk sebagian tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Masing-masing tipe memiliki jumlah warna yang berbeda.





Saat memakai spidol biasa, maka kita harus melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dalam sudut miring agar dapat menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Teknik memotong spidol kaligrafi juga termasuk mudah dengan mengandalkan cutter yang tajam.

Tetapi jika kita tidak mau repot, maka dapat memakai spidol khusus kaligrafi yang tersedia dalam bermacam-macam merk.Terdapat beberapa merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Untuk pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).




SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA merupakan spidol atau marker water-based yang dapat digunakan pada berbagai macam permukaan. Bahan cat yang terdapat di dalamnya tak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air jika telah kering dan tidak tembus pada permukaan kertas.

Spidol ini bisa dipergunakan untuk membuat gambar atau kaligrafi dengan desain yang berbagai macam pada beberapa permukaan, misalnya kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Banyak ilustrator yang terkenal dengan membuat gambar dan kaligrafi dengan spidol kaligrafi POSCA. Hasil karyanya populer dengan POSCA art. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu spidol POSCA pasti akan memiliki banyak pertanyaan mengenai nilai tambah yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.



spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA sifatnya permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen di bahan yang berpori-pori seperti kain, kertas, kayu dan sebagainya. Tetapi tak permanen (dapat dihapus) pada permukaan tak berpori seperti misalnya kaca.

+ Apakah aman untuk anak-anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, dengan begitu sangatlah aman untuk anak-anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA memiliki bahan tidak beracun dan bisa dengan gampang dibersihkan saat terkena kulit. Tetapi jangan dipakai dengan sembarangan pada kulit seperti wajah, apalagi spidol ini belum diuji dengan standar kosmetik serta dermatologi.

+ Apakah dapat diisi ulang/refill?
- Semua varian spidol POSCA tak bisa di-refill.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Lama pengeringannya termasuk cepat. Secara umum, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori-pori.

+ Apakah warna yang sudah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA akan permanen pada permukaan berpori-pori. Namun Anda dapat lebih mengoptimalkannya dengan melakukan bermacam cara, seperti memberi lapisan pernis, membakarnya jika Anda menggunakan keramik, atau menyetrika ketika menggunakan POSCA di kain.

+ Apa yang harus dilakukan jika ujung spidol kering?
- Tidak perlu khawatir jika tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun menjadi kering. Dengan adanya mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengeluarkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangatlah kering, cukup lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa varian tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang bisa dihasilkan menggunakan spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mencampurnya atau menambahkan yang telah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kira-kira seperti cat akrilik.

+ Bisakah spidol POSCA digunakan pada kain?
- Bisa. Anda dapat menggunakannya di bermacam-macam jenis kain dan berubah menjadi semakin permanen setelah disetrika dan tidak akan luntur saat dicuci. Akan tetapi ketahanan kain jelas kembali lagi pada varian kain yang dipakai.

Agar benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa menggunakan setrika uap. Supaya maksimal, cuci kain terlebih dahulu sebelum menggunakan spidol POSCA. Pada bahan kain yang lembut, disarankan menggambar garis tepi terlebih dulu kemudian baru dalamnya diwarnai untuk menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA dapat dipakai pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda dapat menambahkan lapisan pernis atau memanggangnya di oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.



spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA bisa permanen ataupun tidak ketika diaplikasikan pada kaca. Permanen saat kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus dengan lap basah.

+ Berapa lama spidol POSCA akan kering di kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan benar-benar kering sesudah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA dapat bekerja maksimal pada kayu?
- Asal permukaan kayu telah diamplas, maka spidol POSCA dapat dipakai secara maksimal.

+ Apakah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah bisa digunakan pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, tetapi lama-lama dapat terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal dapat dipakai pada berbagai varian permukaan, dan banyak sekali seniman yang menggunakannya untuk membuat sketsa, gambar dan lain-lainnya. Jadi dapat dibilang bahwa POSCA merupakan spidol khusus kaligrafi. Anda bisa melihat hasil karya mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Ilustrator yang berbasis dari Paris ini mampu membuat sebuah gambar berupa garis yang bersih dan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan ukuran media yang termasuk kecil seperti misalnya notebook. Semua ia lakukan menggunakan spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja akses halaman Instagram-nya untuk menikmati hasil karyanya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Illustrator yang satu ini biasanya membuat sketsa terlebih dulu memakai pensil, kemudian baru menambahkan warna dengan spidol POSCA. Ia memiliki cir khas sering memanfaatkan ruang kosong (negative space) dari kertas untuk dijadikan bagian pada gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia adalah surfer traveler artist, dimana ia sering menggunakan papan selancar sebagai media untuk menggambar memakai spidol POSCA. Selain itu ia juga sering menggambar menggunakan media kaos dan kain dalam skala yang amat besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah dengan memblok kertas menggunakan satu warna sebagai background. Setelah itu baru ia menambahkan gambar di atasnya. Menggunakan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan background kering terlebih dulu baru kemudian mulai menggambar detail di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain menciptakan gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini sering membuat desain huruf atau lettering menggunakan spidol POSCA. Untuk membuat lettering atau typography, ia menggunakan varian spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing bisa membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari beberapa hasil sketsa para ilustrator di atas, dapat kita saksikan sendiri jika POSCA adalah spidol yang cocok untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat seni kaligrafi. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Terdapat 7 jenis spidol POSCA dengan spesifikasi yang berbeda-beda, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda-beda pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Mencari spidol untuk kaligrafi POSCA? Silakan hubungi kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau langsung kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke semua kota di Indonesia.

Lalu berapa harga spidol kaligrafi tersebut? Anda dapat langsung menghubungi nomor yang ada di atas untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegunaan spidol posca

Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi