Jual Marker POSCA, Marker Terbaik untuk Menciptakan Kaligrafi

Berikut adalah informasi mengenai Jual Marker POSCA, Marker Terbaik untuk Menciptakan Kaligrafi


Kaligrafi merupakan bentuk karya kesenian yang menekankan keindahan dengan memodifikasi atau mengaplikasikan style tersendiri kepada huruf sehingga dapat memiliki nilai estetika yang indah. Dengan begitu kaligrafi adalah menciptakan tulisan indah yang dihasilkan oleh tangan seseorang. Tetapi tahukah Anda jika kita dapat menggunakan spidol kaligrafi untuk menciptakan sebuah karya kaligrafi?



Jika kita membaca kata "kaligrafi", maka yang langsung terbayang seni kaligrafi dari berbagai huruf Arab yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah kalimat. Umumnya, kaligrafi tidak hanya dikhususkan pada huruf Arab saja, melainkan juga segala macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta dan huruf Jawa kuno.

Setiap ilustrator membawa gaya masing-masing ketika membuat seni kaligrafi, dan tergantung dari kreatifitas masing-masing orang. Ada yang terfokus pada latar belakang yang dipadukan dengan huruf yang telah dimodifikasi, namun ada pula yang baik huruf dan latar belakang terlihat menyatu. Apapun itu tekniknya tetap saja kaligrafi terlihat menarik.

Dari ilmunya, seni kaligrafi bisa dibedakan menjadi beberapa cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang kaligrafi mempunyai perupa yang terkenal. Akan tetapi untuk kita yang awam mengenai cabang kaligrafi, mestinya semua tampak menarik.

SEJARAH SENI KALIGRAFI


Semenjak ditemukannya kertas untuk media, maka seni kaligrafi pun mulai berkembang. Misalnya di Tiongkok, dimana seni kaligrafi sudah menjadi budaya karena menjadi ciri khas dari orang yang terpelajar. Hal yang mirip juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana kaligrafi adalah seni yang sangat diakui hasilnya.

Sedang pada kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenali dengan Khat. Berdasar hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat adalah ilmu yang mengenalkan mengenai huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya dalam suatu tatanan atau rangkaian tulisan, atau juga semua yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, berikut apa dan bagaimana ejaan yang dapat digubah.



Walaupun begitu, bangsa Arab faktanya termasuk tertinggal dalam seni kaligrafi dibanding dengan bangsa yang lain. Contohnya bangsa Mesir dengan tulisan Hierogliph, bangsa Indian dengan Devanagari, dan juga bangsa Jepang dengan aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini disebabkan bangsa Arab merupakan bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) sehingga untuk berkomunikasi lebih mementingkan lisan ketimbang tulisan.

Tulisan pun baru dikenali oleh bangsa Arab pada masa kedatangan Islam, yang dibarengi dengan abjad Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal dengan kaligrafi, contohnya Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dimulai yang awal mulanya sebagai media untuk menyalin kitab suci, kaligrafi pun berkembang menjadi karya seni yang macam-macam.

PERLENGKAPAN KALIGRAFI


Tentunya terdapat berbagai tipe peralatan yang bisa digunakan untuk membuat kaligrafi. Peralatan itu juga menyesuaikan dengan gaya sang pembuat seni kaligrafi, karena tiap alat dan medianya bisa menghasilkan style seni kaligrafi yang bermacam-macam.


1. Alat Gambar


Kegunaannya adalah menciptakan kaligrafi itu sendiri, dan macamnya pun banyak. Berikut adalah berbagai alat gambar yang dapat digunakan.

- Pensil


Pensil telah menjadi alat tulis dan juga menggambar mulai ditemukannya grafit yang merupakan bahan utamanya. Semakin lama semakin berkembang sebab grafit sebagai bahan mampu dimodifikasi tingkat kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang bervariasi. Semakin keras grafit maka semakin tipis coretan garisnya, serta semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena telah menjadi pilihan pertama bagi seorang yang ingin membuat kaligrafi dengan garis yang terlihat lebih kokoh serta tegas dibanding dengan pensil. Pena juga memiliki bermacam-macam varian, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, serta juga pena logam. Untuk pena logam dapat dicari mudah di toko, sedang lainnya harus dibuat sendiri.

Untuk pena bambu dan kayu, kita bisa membuatnya sendiri memakai batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang sekitar 20 cm atau senyamannya kita. Selanjutnya ujung dipotong secara runcing atau pipih bergantung dengan ketebalan yang ingin dihasilkan. Sedang untuk pena bulu, bulu binatang yang paling sesuai adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita mampu mencarinya dengan mudah di toko yang menjual berbagai perlengkapan kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang bervariasi untuk menghasilkan garis yang tipis hingga tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga biasa digunakan untuk menggambar, dan tentu juga dapat dipakai untuk menciptakan kaligrafi. Secara strukturnya, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam beberapa macam warna, dengan begitu kita bisa berkreasi secara mudah. Selain itu karena tintanya berada di dalam busa spidol, kita tak perlu takut tinta tersebut tumpah kemana-mana.

- Pulpen


Walau warna yang tersedia sangat terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen bisa menjadi pilihan bagi Anda yang bertujuan untuk membuat kaligrafi. Memang memerlukan teknik khusus untuk membuat sebuah garis tebal seperti kuas atau spidol, tetapi seni kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol mampu terlihat cantik. Secara struktur, pulpen memiliki ujung bulat seperti layaknya bola yang berguna untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk mengaplikasikan warna, terdapat berbagai jenis peralatan yang tersedia dan bisa Anda gunakan.


- Pensil Warna


Secara bentuk memang tidak jauh berbeda dengan pensil pada umumnya. Perbedaan terletak di isinya, dimana pensil pada umumnya menggunakan grafit, sedangkan pensil warna berisi leads yang memiliki bahan campuran dari pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax serta serfactant.

Sekarang terdapat pensil warna yang setelah digoreskan di kertas, mampu dikuaskan oleh air sehingga nampak menjadi layaknya cat air. Cara yang tepat dapat menghasilkan kaligrafi yang indah.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak mampu menciptakan hasil kuasan yang tebal. Andaikata sebuah warna ditumpuk oleh warna lainnya, maka warna yang tertumpuk masih akan sedikit terlihat.

- Cat Minyak


Bagi seorang pelukis, maka cat minyak merupakan bahan yang sangat biasa digunakan. Cat minyak ini dipakai untuk pewarna dengan memakai pengencer minyak. Cat minyak pun dapat menciptakan kesan yang gelap dan terang. Seni kaligrafi tentunya juga mampu dihasilkan menggunakan cat minyak.

- Cat Semprot


Biasa dikenal dengan air brush. Untuk memakainya diperlukan alat yakni kompresor untuk meniupkan cat yang bentuknya cair ke permukaan media. Umumnya cat semprot banyak dipakai untuk mempercantik kendaraan. Tapi ada juga yang menggunakan cat semprot pada media seperti dinding, bahkan kuku. Diperlukan teknik yang tinggi untuk memakai cat semprot ini.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini sudah digunakan sejak dulu baik untuk menulis atau menciptakan sebuah karya seni rupa. Kalau dulu hanya terdapat warna hitam saja, sekarang ini warna tinta pun berbeda-beda dan diproduksi menggunakan bahan yang juga berbeda.

3. Media Gambar


Jika alat dan bahan menciptakan seni kaligrafi telah ada, maka satu hal penting lainnya tentunya media untuk menggambar.


- Kertas


Kertas merupakan media penting bagi menggambar, terlebih seni kaligrafi. Kertas sendiri sudah ditemukan sejak dulu di Tiongkok dan masih dipakai hingga saat ini. Sejak ditemukan, kertas menjadi media penting untuk menulis atau menggambar.

Kertas pun merupakan media yang tepat bagi siapapun yang ingin belajar untuk menggambar seni kaligrafi. Misalnya membuat sketsa terlebih dahulu memakai pensil. Sehingga jika salah, maka dapat dihapus dengan gampang. Setelah itu tiap garis bisa dibuat tebal dan diberi warna.

- Kanvas


Saat membahas aktifitas melukis, maka kanvas adalah media terpenting. Kanvas merupakan kain yang dikombinasikan dengan lem dan mempunyai permukaan yang bertekstur. Kanvas pun bisa bertahan lama saat disimpan dengan cermat.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukan kertas, manusia menggunakan kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dijadikan media tulis atau gambar. Kulit hewan yang biasa dipakai adalah sapi atau kerbau. Kulit pun merupakan bahan yang kuat untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Tergantung dengan kreatifitas si perupa, banyak media yang bisa dipakai untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat seni kaligrafi. Misalnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi mobil yang dilukis dengan cantik menggunakan air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Siapa bilang kita tak dapat membuat kaligrafi dengan spidol? Saat menciptakan sebuah kaligrafi yang berisi font atau teks, ada kalanya kita harus membuat garis yang tebal. Dengan menggunakan spidol, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengulangi garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya memang waktu yang lama.

Alternatifnya dapat memakai spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut antara 30-40 derajat untuk menciptakan garis yang tebal. Satu spidol yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Terdapat beberapa macam jenis spidol/marker POSCA yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran ujungnya pun berbagai macam, dengan terkecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya sendiri bermacam-macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk sebagian tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Tiap tipe mempunyai jumlah warna yang berbeda.



Jika menggunakan spidol biasa, maka kita harus melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dengan sudut miring supaya bisa menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Teknik memotong spidol kaligrafi juga termasuk gampang dengan mengandalkan cutter yang tajam.

Tetapi jika kita tak ingin repot, maka bisa menggunakan spidol khusus kaligrafi yang dapat dijumpai dalam bermacam-macam merk.Terdapat berbagai merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).


SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA merupakan spidol atau marker water-based yang bisa digunakan pada berbagai macam permukaan. Bahan cat yang terdapat di dalamnya tidak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air jika telah kering dan tidak tembus pada kertas.

Spidol ini bisa dipakai untuk membuat gambar atau seni kaligrafi dengan desain yang berbeda-beda pada beberapa permukaan, misalnya kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Banyak artis yang populer dengan membuat gambar dan kaligrafi menggunakan spidol kaligrafi POSCA. Hasil karyanya dikenal dengan POSCA art. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu spidol POSCA pasti akan mempunyai banyak pertanyaan mengenai nilai plus yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.



spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA bersifat permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen pada bahan yang berpori seperti kain, kertas, kayu dan sebagainya. Tetapi tidak permanen (dapat dihapus) di permukaan tak berpori seperti misalnya kaca.

+ Apakah tidak berbahaya untuk anak-anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, dengan begitu sangatlah aman untuk anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA mempunyai bahan tidak beracun dan dapat dengan gampang dibersihkan saat terkena kulit. Tetapi jangan dipakai secara sembarangan pada kulit seperti wajah, terlebih spidol ini belum diuji pada standar kosmetik dan dermatologi.

+ Apakah bisa diisi ulang/refill?
- Semua jenis spidol POSCA tak bisa diisi ulang.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Waktu pengeringannya termasuk cepat. Umumnya, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori-pori.

+ Apakah warna yang telah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA akan permanen pada permukaan berpori-pori. Akan tetapi Anda dapat lebih mengoptimalkannya dengan melakukan bermacam cara, seperti memberikan lapisan pernis, membakarnya jika Anda menggunakan keramik, atau menyetrika ketika menggunakan POSCA pada kain.

+ Apa yang harus dilakukan saat ujung spidol kering?
- Tidak perlu cemas saat tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun menjadi kering. Dengan menggunakan mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengalirkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangat kering, langsung lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa tipe tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang bisa dihasilkan oleh spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mengkombinasikannya atau menambahkan yang sudah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kira-kira seperti cat akrilik.

+ Bisakah spidol POSCA dipakai pada kain?
- Bisa. Anda dapat menggunakannya di bermacam jenis kain dan menjadi semakin permanen sesudah disetrika dan tak akan luntur saat dicuci. Tapi ketahanan kain jelas kembali lagi pada varian kain yang digunakan.

Supaya benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa memakai setrika uap. Agar maksimal, cuci kain terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan spidol POSCA. Untuk bahan kain yang lembut, disarankan untuk menggambar garis tepi terlebih dahulu kemudian baru dalamnya diwarnai supaya menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA dipakai pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA bisa dipakai pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda bisa memberikan lapisan pernis atau memanggangnya di dalam oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.

spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA dapat permanen ataupun tidak ketika dipakai pada kaca. Permanen jika kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus menggunakan lap basah.

+ Berapa lama spidol POSCA akan kering pada kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan benar-benar kering setelah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA dapat bekerja maksimal pada kayu?
- Asal permukaan kayu telah diamplas, maka spidol POSCA dapat dipakai dengan maksimal.

+ Apakah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah bisa digunakan pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, namun lama-lama dapat terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Untuk pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal mampu digunakan pada berbagai jenis permukaan, dan banyak sekali seniman yang memakainya untuk membuat sketsa, gambar dan lainnya. Jadi bisa dibilang bahwa POSCA adalah spidol khusus seni kaligrafi. Anda dapat melihat hasil karya mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Ilustrator yang berbasis di Paris ini mampu membuat sebuah gambar berupa garis yang bersih dengan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan media berukuran yang termasuk kecil seperti misalnya agenda. Semuanya ia lakukan memakai spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja buka halaman Instagram-nya untuk melihat hasil pekerjaannya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Seniman yang satu ini biasa menggambar sketsa terlebih dahulu menggunakan pensil, kemudian baru memberikan warna dengan spidol POSCA. Ia memiliki cir khas sering memanfaatkan ruang kosong (negative space) pada kertas untuk dijadikan bagian dari gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia merupakan surfer traveler artist, dimana ia sering menggunakan papan selancar sebagai media untuk menggambar memakai spidol POSCA. Selain itu ia juga sering menggambar dengan media kaos dan kain dalam skala yang sangat besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah dengan memblok kertas menggunakan satu warna untuk background. Setelah itu baru ia menambahkan gambar di atasnya. Menggunakan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan pertama kering terlebih dahulu baru mulai menggambar detail di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain menciptakan gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini kerap membuat desain huruf atau lettering menggunakan spidol POSCA. Untuk membuat lettering atau typography, ia menggunakan varian spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing dapat membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari berbagai hasil sketsa para ilustrator di atas, dapat kita saksikan sendiri bahwa POSCA merupakan spidol yang cocok untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat seni kaligrafi. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Ada 7 jenis spidol POSCA dengan spesifikasi yang berbeda, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Cari spidol untuk kaligrafi POSCA? Silakan hubungi kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau bisa kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke semua kota di Indonesia.

Lantas berapakah harga spidol kaligrafi tersebut? Anda dapat langsung menghubungi nomor yang tersedia di atas untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegunaan spidol posca

Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi