Grosir Marker Kaligrafi POSCA, Marker Terbaik untuk Menggambar Kaligrafi

Berikut adalah informasi mengenai Grosir Marker Kaligrafi POSCA, Marker Terbaik untuk Menggambar Kaligrafi


Kaligrafi adalah sebuah karya seni rupa yang fokus pada keindahan dengan melakukan modifikasi atau mengaplikasikan sebuah style tersendiri pada huruf sehingga mampu menghasilkan nilai estetika yang indah. Dengan begitu kaligrafi adalah menggambar tulisan indah yang dihasilkan oleh tangan manusia. Tapi tahukah Anda jika kita dapat menggunakan spidol kaligrafi untuk menciptakan sebuah karya kaligrafi?



Kalau kita mendengar kata "kaligrafi", maka langsung terbayangkan seni kaligrafi dari huruf-huruf Arab yang disusun dalam sebuah kalimat. Umumnya, kaligrafi tidak hanya dikhususkan pada huruf-huruf Arab saja, melainkan berbagai macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta dan huruf Jawa kuno.

Setiap seniman mempunyai style berbeda dalam menggambar kaligrafi, dan bergantung dari kreatifitas masing-masing orang. Ada yang terfokus pada background yang dikombinasikan bersama huruf yang sudah dimodifikasi, akan tetapi ada pula yang baik huruf dan background nampak jadi satu. Apapun itu tekniknya tetap saja kaligrafi terlihat indah.

Secara ilmu, kaligrafi bisa dibagi menjadi beberapa cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang kaligrafi memiliki perupa yang terkenal. Tapi untuk kita yang awam mengenai cabang kaligrafi, mestinya semua terlihat menarik.

MENILIK SEJARAH SENI KALIGRAFI


Sejak ditemukannya kertas untuk media, maka kaligrafi pun mulai berkembang pesat. Seperti misalnya di Tiongkok, dimana kaligrafi sudah menjadi budaya karena menjadi ciri khas dari seorang yang terpelajar. Hal yang sama juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana seni kaligrafi merupakan seni yang sangat diakui hasilnya.

Sedang pada kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenal dengan Khat. Berdasarkan hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat adalah ilmu yang mengenalkan tentang huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya ke dalam suatu susunan atau rangkaian tulisan, atau juga semua yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, serta apa dan bagaimana ejaan yang dapat digubah.



Walau begitu, bangsa Arab faktanya termasuk tertinggal dalam seni kaligrafi dibandingkan dengan bangsa yang lain. Misalnya bangsa Mesir melalui tulisan Hierogliph, bangsa Indian melalui Devanagari, dan juga bangsa Jepang melalui aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini dikarenakan bangsa Arab merupakan bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) sehingga untuk komunikasi lebih mementingkan lisan dibanding tulisan.

Tulisan pun baru dikenali oleh bangsa Arab pada masa kedatangan Islam, yang diikuti dengan abjad Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal melalui seni kaligrafi, contohnya Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dari yang awal mulanya sebagai media untuk menyalin kitab suci, seni kaligrafi pun berkembang menjadi produk seni yang bermacam-macam.

PERALATAN KALIGRAFI


Pastinya terdapat berbagai macam peralatan yang mampu digunakan untuk membuat seni kaligrafi. Peralatan itu juga menyesuaikan dengan gaya sang pembuat kaligrafi, karena tiap peralatan dan medianya bisa menghasilkan style kaligrafi yang berbeda-beda.




1. Alat Gambar


Gunanya adalah membuat seni kaligrafi itu sendiri, dan variannya juga banyak. Berikut merupakan bermacam alat gambar yang bisa digunakan.

- Pensil


Pensil sudah menjadi alat tulis serta menggambar mulai ditemukannya grafit yang merupakan bahan utamanya. Semakin lama semakin berkembang karena grafit sebagai bahan mampu dimodifikasi level kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang berbeda-beda. Semakin keras grafit maka semakin tipis guratan garisnya, dan semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena menjadi opsi penting untuk seorang yang ingin membuat kaligrafi dengan garis yang tampak lebih kuat dan tegas dibanding dengan pensil. Pena pun memiliki berbagai tipe, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, serta pena logam. Untuk pena logam mampu dicari mudah di toko, sedang lainnya harus dibuat sendiri.

Untuk pena bambu atau kayu, kita dapat membuatnya sendiri menggunakan batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang kira-kira 20 cm atau secukupnya kita. Kemudian ujung dipotong dengan runcing atau pipih tergantung dengan ketebalan yang ingin dihasilkan. Sedangkan untuk pena bulu, bulu binatang yang paling sesuai adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita dapat mencarinya dengan gampang di toko yang menjual berbagai alat tulis kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang bermacam-macam untuk menghasilkan garis yang tipis sampai tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga biasa digunakan untuk menggambar, dan tentu juga dapat digunakan untuk menciptakan kaligrafi. Secara struktur, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam beberapa pilihan warna, dengan begitu kita dapat berkreasi dengan gampang. Selain itu karena tintanya terdapat di dalam busa spidol, kita tak perlu takut tinta tersebut tumpah berceceran.

- Pulpen


Meskipun warna yang ditawarkan begitu terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen dapat menjadi pilihan bagi Anda yang bertujuan untuk menciptakan seni kaligrafi. Tentu memerlukan teknik tersendiri untuk menciptakan sebuah garis tebal layaknya kuas atau spidol, namun seni kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol mampu terlihat cantik. Secara struktur, pulpen mempunyai ujung bulat seperti layaknya bola yang berguna untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk memberikan warna, terdapat beberapa jenis peralatan yang tersedia dan dapat Anda pakai.


- Pensil Warna


Secara bentuk terlihat tidak jauh berbeda dibandingkan pensil biasa. Bedanya terletak di isinya, dimana pensil pada umumnya memakai grafit, sedangkan pensil warna berisi leads yang memiliki bahan campuran yakni pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax serta serfactant.

Saat ini terdapat pensil warna yang sesudah digoreskan pada kertas, dapat dikuaskan oleh air sehingga nampak terlihat bagaikan cat air. Teknik yang tepat dapat menciptakan kaligrafi yang terlihat menawan.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak dapat menciptakan hasil kuasan yang tebal. Andaikata sebuah warna ditumpuk oleh warna lain, maka warna yang tertumpuk masih akan sedikit terlihat.

- Cat Minyak


Bagi seorang pelukis, maka cat minyak adalah bahan yang sangat umum digunakan. Cat minyak ini dipakai untuk pewarna dengan memakai pengencer minyak. Cat minyak pun dapat menciptakan kesan yang gelap dan terang. Seni kaligrafi tentunya juga mampu diciptakan oleh cat minyak.

- Cat Semprot


Biasanya dikenal dengan air brush. Untuk menggunakannya diperlukan peralatan berupa kompresor untuk menyemprotkan cat yang wujudnya cair ke permukaan media. Secara umum cat semprot banyak dipakai untuk mempercantik kendaraan. Tapi ada juga yang memakai cat semprot pada media seperti dinding, bahkan kuku. Dibutuhkan teknik yang tinggi untuk memakai cat semprot tersebut.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini telah digunakan sejak dulu baik untuk menulis ataupun menciptakan sebuah karya seni rupa. Kalau dahulu hanya terdapat warna hitam saja, saat ini warna tinta juga bermacam-macam dan diproduksi dengan bahan yang juga berbeda.

3. Media Gambar


Setelah alat dan bahan membuat seni kaligrafi telah ada, maka satu hal penting lainnya tentunya media untuk membuat gambar.




- Kertas


Kertas adalah media penting untuk menggambar, khususnya seni kaligrafi. Kertas sendiri sudah ditemukan sejak dulu di Tiongkok dan tetap digunakan hingga kini. Sejak ditemukan, kertas menjelma jadi media utama untuk menulis maupun menggambar.

Kertas pun merupakan media yang cocok bagi Anda yang ingin belajar untuk menggambar kaligrafi. Misalnya membuat sketsa terlebih dahulu memakai pensil. Sehingga jika salah, maka bisa dihapus dengan gampang. Sesudah itu tiap garis bisa dibuat tebal dan diberi warna.

- Kanvas


Jika mengulas kegiatan melukis, maka kanvas adalah media nomor satu. Kanvas adalah kain yang dicampur dengan lem dan mempunyai permukaan yang bertekstur. Kanvas pun dapat bertahan lama jika disimpan dengan tepat.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukannya kertas, manusia menggunakan kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dijadikan media tulis atau gambar. Kulit hewan yang biasa dipakai adalah sapi atau kerbau. Kulit pun termasuk bahan yang kuat untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Bergantung dengan kreatifitas si perupa, banyak media yang bisa digunakan untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat seni kaligrafi. Contohnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi kendaraan yang dilukis dengan cantik menggunakan air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Siapa bilang kita tak bisa membuat seni kaligrafi dengan spidol? Ketika membuat sebuah seni kaligrafi yang berisikan font atau teks, ada kalanya kita harus membuat garis yang tebal. Menggunakan spidol, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengulang garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya perlu waktu yang lama.

Alternatifnya dapat menggunakan spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut sekitar 30-40 derajat untuk menghasilkan garis yang tebal. Satu spidol yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Terdapat beberapa varian jenis spidol/marker POSCA yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran ujungnya pun berbagai macam, dengan terkecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya sendiri berbagai macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk sebagian tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Tiap tipe mempunyai jumlah warna yang berbeda.





Saat memakai spidol biasa, maka kita harus melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dalam sudut miring agar bisa menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Teknik memotong spidol kaligrafi juga termasuk mudah dengan mengandalkan cutter yang tajam.

Tetapi jika kita tidak mau repot, maka dapat menggunakan spidol khusus kaligrafi yang dapat dijumpai dalam bermacam-macam merk.Terdapat beberapa merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA adalah spidol atau marker water-based yang dapat dipakai pada berbagai jenis permukaan. Bahan cat yang terdapat di dalamnya tidak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air setelah kering dan tak tembus pada kertas.

Spidol ini bisa dipergunakan untuk membuat gambar atau seni kaligrafi dengan desain yang bermacam-macam pada berbagai permukaan, seperti kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Sejumlah ilustrator yang populer dengan membuat gambar dan kaligrafi dengan spidol kaligrafi POSCA. Hasil karyanya dikenal dengan POSCA art. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu spidol POSCA pasti akan memiliki banyak pertanyaan mengenai nilai tambah yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.

spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA bersifat permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen di bahan yang berpori seperti kain, kertas, kayu dan sebagainya. Tetapi tak permanen (dapat dihapus) di permukaan tak berpori seperti misalnya kaca.

+ Apakah tidak berbahaya untuk anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, dengan begitu sangatlah aman untuk anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA mempunyai bahan tak beracun dan bisa dengan gampang dibersihkan saat terkena kulit. Akan tetapi jangan digunakan secara sembarangan pada kulit seperti wajah, apalagi spidol ini belum diuji dengan standar kosmetik dan dermatologi.

+ Apakah dapat diisi ulang/refill?
- Semua jenis spidol POSCA tak dapat diisi ulang.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Waktu pengeringannya termasuk cepat. Umumnya, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori-pori.

+ Apa warna yang sudah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA dapat permanen pada permukaan berpori. Namun Anda bisa lebih mengoptimalkannya dengan melakukan bermacam cara, seperti memberi lapisan pernis, membakarnya jika Anda menggunakan keramik, atau menyetrika saat menggunakan POSCA di kain.

+ Apa yang harus dilakukan saat ujung spidol kering?
- Tak perlu khawatir jika tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun menjadi kering. Dengan menggunakan mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengeluarkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangat kering, langsung lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa model tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang dapat dihasilkan oleh spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mencampurnya atau menambahkan yang sudah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kurang lebih seperti cat akrilik.

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada kain?
- Bisa. Anda bisa menggunakannya di berbagai jenis kain dan berubah menjadi semakin permanen setelah disetrika dan tak akan luntur ketika dicuci. Namun ketahanan kain jelas kembali lagi pada tipe kain yang digunakan.

Supaya benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa memakai setrika uap. Supaya maksimal, cuci kain terlebih dulu sebelum menggunakan spidol POSCA. Pada bahan kain yang lembut, disarankan untuk menggambar garis tepi terlebih dulu lalu baru dalamnya diwarnai untuk menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA dipakai pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA bisa dipakai pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda bisa memberikan lapisan pernis atau memanggangnya di oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.

spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA bisa permanen ataupun tidak saat dipakai pada kaca. Permanen jika kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus saja dengan lap basah.

+ Berapa lama spidol POSCA akan kering di kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan benar-benar kering setelah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA dapat bekerja maksimal pada kayu?
- Asalkan permukaan kayu telah diamplas, maka spidol POSCA dapat dipakai dengan maksimal.

+ Apakah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah bisa dipakai pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, tetapi lama-kelamaan dapat terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal mampu dipakai untuk di berbagai varian permukaan, dan banyak sekali seniman yang memakainya untuk membuat sketsa, gambar dan lain-lainnya. Jadi dapat dikatakan bahwa POSCA merupakan spidol khusus seni kaligrafi. Anda dapat melihat hasil karya mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Seniman yang berbasis dari Paris ini dapat membuat sebuah gambar dengan garis yang bersih dengan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan media berukuran yang termasuk kecil seperti misalnya notebook. Semua ia lakukan memakai spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja akses halaman Instagram-nya untuk menikmati hasil karyanya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Illustrator yang satu ini biasa menggambar sketsa terlebih dulu menggunakan pensil, setelah itu baru mengaplikasikan warna menggunakan spidol POSCA. Ia dikenal sering menggunakan ruang kosong (negative space) pada kertas untuk digunakan bagian pada gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia adalah surfer traveler artist, dimana ia sering menggunakan papan selancar sebagai media untuk menggambar memakai spidol POSCA. Selain itu ia juga kerap menggambar menggunakan media kaos dan kain dengan skala yang sangat besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah memblok kertas dengan satu warna sebagai background. Kemudian baru ia mengaplikasikan gambar di atasnya. Dengan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan background kering terlebih dulu baru mulai menggambar detail di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain membuat gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini kerap membuat desain huruf atau lettering memakai spidol POSCA. Untuk membuat lettering atau typography, ia menggunakan jenis spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing bisa membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari berbagai hasil sketsa para seniman di atas, dapat kita saksikan sendiri jika POSCA merupakan spidol yang cocok untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat kaligrafi. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Ada 7 jenis spidol POSCA dengan spesifikasi yang bermacam-macam, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang bermacam-macam pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Cari spidol untuk kaligrafi POSCA? Silakan hubungi kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau bisa kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke berbagai kota di Indonesia.

Lalu berapa harga spidol kaligrafi ini? Anda dapat langsung mengontak nomor yang tersedia di atas untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegunaan spidol posca

Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi