Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi

Berikut adalah informasi mengenai Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi


Kaligrafi adalah bentuk karya seni rupa yang menekankan keindahan dengan memodifikasi atau memberikan style tersendiri pada huruf sehingga mampu menghasilkan nilai estetika yang indah. Dengan begitu kaligrafi adalah membuat tulisan indah yang dihasilkan oleh tangan. Tapi tahukah Anda jika kita dapat menggunakan spidol kaligrafi untuk menggambar sebuah karya kaligrafi?



Andaikata kita mendengar kata "kaligrafi", maka yang langsung terbayang kaligrafi dari berbagai huruf Arab yang disusun sedemikian rupa dalam kalimat. Secara umum, seni kaligrafi tidak hanya dikhususkan pada huruf-huruf Arab saja, melainkan segala macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta dan huruf Jawa kuno.

Masing-masing perupa memiliki gaya berbeda dalam menggambar seni kaligrafi, dan bergantung dari tingkat kreatifitas masing-masing. Ada yang khusus pada background yang dikombinasikan bersama huruf yang sudah dimodifikasi, namun ada juga yang baik huruf dan latar belakang nampak jadi satu. Apapun itu teknik yang digunakan tetap saja seni kaligrafi terlihat cantik.

Secara ilmu, kaligrafi dapat dibagi menjadi berbagai cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang seni kaligrafi memiliki seniman yang terkenal. Tapi bagi kita yang awam mengenai cabang seni kaligrafi, pasti semua terlihat cantik.

MENILIK SEJARAH KALIGRAFI


Sejak ditemukannya kertas sebagai media gambar, maka seni kaligrafi pun mulai berkembang pesat. Misalnya di Tiongkok, dimana seni kaligrafi telah menjadi budaya karena merupakan ciri khas dari orang yang terpelajar. Hal yang sama juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana kaligrafi merupakan sebuah seni yang sangat diakui keindahannya.

Sedang untuk seni kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenal dengan Khat. Berdasar hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat merupakan ilmu yang mengajarkan mengenai huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya dalam suatu tatanan atau rangkaian tulisan, atau juga semua yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, beserta apa dan bagaimana ejaan yang dapat diubah.



Walaupun begitu, bangsa Arab sebenarnya termasuk ketinggalan untuk seni kaligrafi dibandingkan dengan bangsa yang lain. Misalnya bangsa Mesir dengan tulisan Hierogliph, bangsa Indian dengan Devanagari, dan juga bangsa Jepang melalui aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini dikarenakan bangsa Arab adalah bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) dengan begitu untuk berkomunikasi lebih mementingkan lisan daripada tulisan.

Tulisan pun baru dikenali oleh bangsa Arab pada masa kedatangan Islam, yang dibarengi oleh huruf Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal dengan seni kaligrafi, misalnya Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dimulai yang awalnya sebagai media untuk menyalin kitab suci, kaligrafi pun berkembang menjadi produk seni yang bermacam-macam.

PERLENGKAPAN KALIGRAFI


Tentu ada berbagai model peralatan yang dapat digunakan untuk membuat seni kaligrafi. Perlengkapan itu juga menyesuaikan dengan gaya sang pembuat seni kaligrafi, sebab tiap peralatan dan medianya dapat menghasilkan karakter seni kaligrafi yang bervariasi.




1. Alat Gambar


Kegunaannya adalah menciptakan seni kaligrafi itu sendiri, dan tipenya pun banyak. Berikut adalah beberapa alat gambar yang mampu digunakan.

- Pensil


Pensil telah menjadi alat tulis dan juga menggambar sejak ditemukannya grafit yang merupakan bahan utamanya. Semakin lama semakin berkembang karena grafit sebagai bahan dapat diubah level kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang berbeda-beda. Semakin keras grafit maka semakin tipis coretan garisnya, dan semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena menjadi pilihan utama untuk seseorang yang ingin menciptakan seni kaligrafi dengan garis yang terlihat lebih kuat serta tegas dibandingkan dengan pensil. Pena pun memiliki bermacam varian, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, serta pena logam. Untuk pena logam bisa dicari secara mudah di toko, sedangkan lainnya harus dibuat sendiri.

Untuk pena bambu serta kayu, kita mampu membuatnya sendiri memakai batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang sekitar 20 cm atau secukupnya kita. Kemudian ujung dipotong dengan runcing atau pipih tergantung dengan ketebalan yang ingin dihasilkan. Sedang untuk pena bulu, bulu binatang yang paling sesuai adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita dapat mencarinya dengan gampang di toko yang menjual berbagai perlengkapan kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang bervariasi untuk menghasilkan garis yang tipis sampai tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga dapat digunakan untuk menggambar, dan tentu juga bisa digunakan untuk membuat kaligrafi. Secara struktur, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam berbagai jenis warna, sehingga kita bisa berkreasi secara . Selain itu karena tintanya terdapat di dalam busa spidol, kita tak perlu takut tinta tersebut tumpah berceceran.

- Pulpen


Walau warna yang ditawarkan begitu terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen mampu menjadi opsi bagi Anda yang bertujuan untuk membuat seni kaligrafi. Memang perlu cara tersendiri untuk membuat sebuah garis tebal layaknya kuas atau spidol, namun seni kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol dapat terlihat cantik. Secara struktur, pulpen mempunyai ujung bulat seperti layaknya bola yang berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk memberikan warna, ada berbagai tipe peralatan yang tersedia dan bisa Anda pakai.


- Pensil Warna


Dilihat dari bentuk memang tak jauh berbeda dibanding pensil biasa. Bedanya terletak di isinya, dimana pensil pada umumnya memakai grafit, sedangkan pensil warna berisi leads yang memiliki bahan campuran yakni pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax dan serfactant.

Saat ini terdapat pensil warna yang setelah digoreskan di kertas, dapat dikuaskan oleh air sehingga nampak menjadi bagaikan cat air. Cara yang tepat dapat menghasilkan kaligrafi yang terlihat menawan.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak dapat menghasilkan hasil kuasan yang tebal. Jika sebuah warna ditindih oleh warna lain, maka warna yang tertumpuk masih akan sedikit terlihat jelas.

- Cat Minyak


Bagi seorang pelukis, maka cat minyak merupakan bahan yang sangat umum digunakan. Cat minyak tersebut digunakan untuk pewarna dengan menggunakan pengencer minyak. Cat minyak pun dapat menghasilkan kesan yang gelap serta terang. Seni kaligrafi tentunya juga dapat dihasilkan menggunakan cat minyak.

- Cat Semprot


Biasa dikenal juga dengan air brush. Untuk menggunakannya diperlukan alat berupa kompresor untuk menyemprotkan cat yang wujudnya cair ke permukaan media. Secara umum cat semprot banyak digunakan untuk memperindah kendaraan. Namun ada juga yang menggunakan cat semprot pada media seperti tembok, bahkan kuku. Dibutuhkan teknik yang tinggi untuk menggunakan cat semprot tersebut.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini sudah dipakai sejak dulu baik untuk menulis maupun menciptakan sebuah karya seni rupa. Kalau dahulu cuma tersedia warna hitam saja, sekarang ini warna tinta pun berbeda-beda dan diproduksi dengan bahan yang juga berbeda.

3. Media Gambar


Setelah alat dan bahan menciptakan seni kaligrafi telah tersedia, maka satu hal penting lainnya adalah media untuk membuat gambar.


- Kertas


Kertas adalah media utama untuk menggambar, terlebih seni kaligrafi. Kertas sendiri telah ditemukan sejak dulu di Tiongkok dan tetap digunakan hingga saat ini. Semenjak ditemukan, kertas menjadi media penting untuk menulis maupun menggambar.

Kertas pun merupakan media yang tepat bagi Anda yang ingin belajar untuk membuat seni kaligrafi. Misalnya menggaris sketsa terlebih dulu memakai pensil. Sehingga jika salah, maka dapat dihapus secara gampang. Setelah itu garis-garisnya bisa ditebalkan dan diberi warna.

- Kanvas


Saat berbicara aktifitas melukis, maka kanvas merupakan media terpenting. Kanvas merupakan kain yang dikombinasikan dengan lem dan mempunyai permukaan yang bertekstur. Kanvas pun bisa bertahan lama jika disimpan dengan seksama.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukan kertas, manusia menggunakan kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dijadikan media tulis atau gambar. Kulit hewan yang umum dipakai adalah sapi atau kerbau. Kulit pun termasuk bahan yang kuat untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Tergantung dengan kreatifitas si pembuat kaligrafi, banyak media yang bisa digunakan untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat seni kaligrafi. Misalnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi mobil yang dilukis dengan indah menggunakan air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Kata siapa kita tidak bisa membuat seni kaligrafi dengan spidol? Ketika membuat sebuah kaligrafi yang berisikan font atau teks, ada kalanya kita perlu membuat garis yang tebal. Dengan menggunakan spidol, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengulangi garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya perlu waktu yang lama.

Cara lainnya bisa menggunakan spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut antara 30-40 derajat untuk menghasilkan garis yang tebal. Satu spidol yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Terdapat berbagai macam jenis spidol/marker POSCA yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran ujungnya pun berbagai macam, dengan terkecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya pun bermacam-macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk sebagian tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Tiap tipe memiliki jumlah warna yang berbeda-beda.



Saat memakai spidol biasa, maka kita harus melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dalam sudut miring supaya bisa menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Teknik memotong spidol kaligrafi juga termasuk mudah dengan menggunakan cutter yang tajam.

Tetapi jika kita tak ingin repot, maka dapat menggunakan spidol khusus kaligrafi yang dapat dijumpai dalam bermacam-macam merk.Terdapat berbagai merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).




SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA merupakan spidol atau marker water-based yang bisa dipakai pada berbagai jenis permukaan. Bahan cat yang terdapat di dalamnya tak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air setelah kering dan tidak tembus pada kertas.

Spidol ini bisa dipakai untuk membuat gambar atau seni kaligrafi dengan desain yang bermacam-macam pada beberapa permukaan, misalnya kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Sejumlah artis yang terkenal dengan membuat gambar dan kaligrafi dengan spidol kaligrafi POSCA. Hasil karyanya populer dengan POSCA art. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu tentang spidol POSCA pasti akan memiliki banyak pertanyaan mengenai nilai plus yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.



spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA bersifat permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen di bahan yang berpori-pori seperti kain, kertas, kayu dan lainnya. Tetapi tidak permanen (dapat dihapus) di permukaan tak berpori seperti contohnya kaca.

+ Apakah aman untuk anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, dengan begitu sangatlah aman untuk anak-anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA mempunyai bahan tak beracun dan dapat dengan mudah dibersihkan jika terkena kulit. Tetapi jangan digunakan secara sembarangan pada kulit seperti wajah seseorang, apalagi spidol ini belum diuji pada standar kosmetik dan dermatologi.

+ Apakah dapat diisi ulang/refill?
- Semua tipe spidol POSCA tidak bisa diisi ulang.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Lama pengeringannya termasuk cepat. Secara umum, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori.

+ Apa warna yang telah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA dapat permanen pada permukaan berpori. Namun Anda dapat lebih mengoptimalkannya dengan melakukan bermacam cara, seperti memberikan lapisan pernis, membakarnya jika Anda memakai keramik, atau menyetrika saat menggunakan POSCA di kain.

+ Apa yang harus dilakukan jika ujung spidol kering?
- Tidak perlu khawatir saat tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun menjadi kering. Dengan adanya mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengalirkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangatlah kering, langsung lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa model tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang dapat dihasilkan oleh spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mencampurnya atau menambahkan yang sudah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kira-kira seperti cat akrilik.

+ Bisakah spidol POSCA dipakai pada kain?
- Bisa. Anda bisa menggunakannya di bermacam jenis kain dan menjadi semakin permanen sesudah disetrika dan tak akan luntur saat dicuci. Akan tetapi ketahanan kain jelas kembali lagi pada varian kain yang dipakai.

Agar benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa menggunakan setrika uap. Supaya maksimal, cuci kain terlebih dulu sebelum mengaplikasikan spidol POSCA. Untuk bahan kain yang lembut, disarankan menggambar garis tepi terlebih dahulu kemudian baru dalamnya diwarnai untuk menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA bisa digunakan pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda dapat menambahkan lapisan pernis atau memanggangnya di oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.



spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA dipakai di kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA dapat permanen ataupun tidak saat dipakai pada kaca. Permanen saat kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus saja menggunakan lap basah.

+ Berapa lama spidol POSCA akan kering di kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan benar-benar kering setelah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA bisa bekerja maksimal di kayu?
- Asal permukaan kayu sudah diamplas, maka spidol POSCA dapat digunakan secara maksimal.

+ Apakah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah dapat digunakan pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, namun lama-lama dapat terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal dapat dipakai pada berbagai jenis permukaan, dan banyak sekali seniman yang memakainya untuk membuat sketsa, gambar dan lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa POSCA merupakan spidol khusus seni kaligrafi. Anda bisa melihat hasil mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Seniman yang berdomisili di Paris ini dapat membuat sebuah gambar berupa garis yang bersih dengan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan ukuran media yang termasuk kecil seperti misalnya agenda. Semuanya ia lakukan memakai spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja buka halaman Instagram-nya untuk menikmati hasil karyanya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Seniman yang satu ini biasa menggambar sketsa terlebih dulu menggunakan pensil, kemudian baru menambahkan warna dengan spidol POSCA. Ia dikenal sering menggunakan ruang kosong (negative space) dari kertas untuk dijadikan bagian pada gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia adalah surfer traveler artist, dimana ia sering menggunakan papan selancar sebagai media untuk menggambar memakai spidol POSCA. Selain itu ia juga sering menggambar dengan media kaos dan kain dalam skala yang amat besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah memblok kertas menggunakan satu warna untuk background. Setelah itu baru ia menambahkan gambar di atasnya. Menggunakan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan background kering terlebih dulu baru mulai menggambar detail di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain membuat gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini sering membuat desain huruf atau lettering memakai spidol POSCA. Untuk membuat lettering atau typography, ia menggunakan tipe spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing bisa membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari beberapa hasil sketsa para ilustrator di atas, dapat kita saksikan sendiri bahwa POSCA adalah spidol yang tepat untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat kaligrafi. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Ada 7 tipe spidol POSCA dengan spesifikasi yang bermacam-macam, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Cari spidol untuk kaligrafi POSCA? Silakan hubungi kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau bisa kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke semua kota di Indonesia.

Lalu berapa harga spidol kaligrafi ini? Anda bisa langsung menghubungi nomor yang ada di atas untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegunaan spidol posca

Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi