Jual Marker POSCA, Marker Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Berikut adalah informasi mengenai Jual Marker POSCA, Marker Khusus untuk Membuat Kaligrafi


Kaligrafi merupakan sebuah karya seni rupa yang menekankan keindahan dengan memodifikasi atau mengaplikasikan style tersendiri pada huruf sehingga dapat menghasilkan nilai estetika yang indah. Intinya kaligrafi dapat dikatakan sebagai menciptakan kalimat indah yang dihasilkan oleh tangan manusia. Tetapi tahukah Anda jika kita dapat menggunakan spidol kaligrafi untuk menciptakan sebuah kaligrafi?



Kalau kita membaca kata "kaligrafi", maka dapat langsung terbayang seni kaligrafi dari huruf-huruf Arab yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah kalimat. Umumnya, seni kaligrafi tidak hanya diperuntukkan pada huruf-huruf Arab saja, melainkan juga macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta dan huruf Jawa kuno.

Masing-masing seniman membawa gaya masing-masing dalam menggambar kaligrafi, dan bergantung dari kreatifitas masing-masing orang. Ada yang memfokuskan diri pada latar belakang yang dipadukan dengan huruf yang sudah dimodifikasi, namun ada pula yang baik huruf dan background nampak jadi satu. Apapun itu tekniknya tetap saja seni kaligrafi tampak cantik.

Secara ilmu, seni kaligrafi bisa dibedakan menjadi beberapa cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang kaligrafi memiliki ilustrator yang terkenal. Akan tetapi untuk kita yang awam mengenai cabang seni kaligrafi, mestinya semua tampak indah.

SEJARAH SENI KALIGRAFI


Semenjak ditemukannya kertas untuk media gambar, maka kaligrafi pun mulai berkembang pesat. Misalnya di Tiongkok, dimana seni kaligrafi sudah menjadi budaya karena menjadi ciri khas dari siapapun yang terpelajar. Hal yang mirip juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana seni kaligrafi adalah seni yang sangat diakui keindahannya.

Sedangkan untuk seni kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenali dengan Khat. Berdasarkan hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat merupakan ilmu yang mengenalkan tentang huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya ke dalam sebuah tatanan atau rangkaian tulisan, atau juga semua yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, beserta apa dan bagaimana ejaan yang dapat digubah.



Walaupun begitu, bangsa Arab sebenarnya termasuk ketinggalan dalam seni kaligrafi dibandingkan dengan bangsa lainnya. Misalnya bangsa Mesir melalui tulisan Hierogliph, bangsa Indian dengan Devanagari, dan juga bangsa Jepang dengan aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini disebabkan bangsa Arab adalah bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) sehingga untuk berkomunikasi lebih mementingkan lisan daripada tulisan.

Tulisan pun baru dikenali oleh bangsa Arab saat masa kedatangan Islam, yang dibarengi dengan huruf Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal melalui seni kaligrafi, seperti Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dari yang awalnya sebagai media untuk menyalin kitab suci, seni kaligrafi pun berkembang menjadi produk seni yang bermacam-macam.

PERALATAN KALIGRAFI


Pastinya terdapat berbagai jenis perlengkapan yang bisa digunakan untuk membuat kaligrafi. Perlengkapan itu juga menyesuaikan dengan gaya sang pembuat kaligrafi, karena tiap alat dan medianya dapat menghasilkan style kaligrafi yang berbeda-beda.


1. Alat Gambar


Kegunaannya adalah membuat seni kaligrafi itu sendiri, dan jenisnya pun bermacam-macam. Berikut adalah bermacam alat gambar yang dapat digunakan.

- Pensil


Pensil telah menjadi alat tulis serta menggambar semenjak ditemukannya grafit yang merupakan bahan utamanya. Semakin lama semakin berkembang karena grafit sebagai bahan dapat diubah tingkat kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang berbeda-beda. Semakin keras grafit maka semakin tipis guratan garisnya, dan semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena menjadi opsi penting bagi seseorang yang ingin menciptakan kaligrafi dengan garis yang terlihat lebih kuat dan tegas dibandingkan dengan pensil. Pena pun memiliki bermacam-macam varian, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, dan pena logam. Untuk pena logam bisa dicari secara mudah di toko, sedangkan lainnya harus dibuat dengan sendiri.

Untuk pena bambu atau kayu, kita dapat membuatnya sendiri memakai batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang sekitar 20 cm atau secukupnya kita. Selanjutnya ujung dipotong secara runcing atau pipih tergantung dengan ketebalan yang mau dihasilkan. Sedangkan untuk pena bulu, bulu binatang yang paling sesuai adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita dapat mencarinya dengan gampang di toko yang menjual berbagai alat tulis kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang bermacam-macam untuk menghasilkan garis yang tipis hingga tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga dapat digunakan untuk menggambar, dan tentunya juga bisa dipakai untuk menciptakan seni kaligrafi. Secara struktur, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam beberapa pilihan warna, sehingga kita dapat berkreasi secara mudah. Selain itu karena tintanya terdapat di dalam busa spidol, kita tak perlu takut tinta tersebut tumpah kemana-mana.

- Pulpen


Walau warna yang tersedia begitu terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen mampu menjadi opsi untuk Anda yang bertujuan untuk menciptakan seni kaligrafi. Tentu memerlukan teknik khusus untuk menciptakan sebuah garis tebal seperti kuas atau spidol, namun seni kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol mampu terlihat cantik. Secara struktur, pulpen memiliki ujung bulat layaknya bola yang berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk mengaplikasikan warna, terdapat beberapa tipe peralatan yang tersedia dan bisa Anda gunakan.




- Pensil Warna


Dilihat dari bentuk memang tidak jauh berbeda dibandingkan pensil pada umumnya. Perbedaan terletak pada isinya, dimana pensil biasa menggunakan bahan grafit, sedangkan pensil warna berisi leads yang berbahan campuran yakni pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax serta serfactant.

Saat ini terdapat pensil warna yang sesudah digoreskan di kertas, mampu dikuaskan oleh air sehingga nampak terlihat bagaikan cat air. Teknik yang benar mampu menciptakan kaligrafi yang menawan.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak dapat menghasilkan hasil kuasan yang tebal. Jika sebuah warna ditumpuk oleh warna lain, maka warna yang tertindih masih akan sedikit terlihat.

- Cat Minyak


Untuk seorang pelukis, maka cat minyak adalah bahan yang sangat umum digunakan. Cat minyak tersebut digunakan untuk pewarna dengan menggunakan pengencer minyak. Cat minyak pun dapat menciptakan kesan yang gelap serta terang. Seni kaligrafi tentunya juga dapat dihasilkan menggunakan cat minyak.

- Cat Semprot


Biasa dikenal juga dengan air brush. Untuk memakainya dibutuhkan alat yakni kompresor untuk meniupkan cat yang bentuknya cair ke permukaan media. Umumnya cat semprot banyak dipakai untuk mempercantik kendaraan. Tapi ada juga yang memakai cat semprot pada media seperti tembok, bahkan kuku. Dibutuhkan teknik yang tinggi untuk memakai cat semprot tersebut.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini sudah dipakai sejak lama baik untuk menulis atau membuat sebuah karya seni rupa. Jika dahulu cuma tersedia warna hitam saja, sekarang ini warna tinta juga bermacam-macam dan dibuat menggunakan bahan yang juga bervariasi.

3. Media Gambar


Setelah peralatan dan bahan menciptakan seni kaligrafi sudah tersedia, maka satu hal penting yang lain tentunya media untuk membuat gambar.


- Kertas


Kertas merupakan media utama untuk menggambar, khususnya seni kaligrafi. Kertas sendiri telah ditemukan sejak dahulu kala di Tiongkok dan tetap dipakai hingga saat ini. Sejak ditemukan, kertas menjelma jadi media utama untuk menulis atau menggambar.

Kertas pun merupakan media yang pas bagi siapapun yang ingin belajar untuk membuat seni kaligrafi. Misalnya menggaris sketsa terlebih dahulu memakai pensil. Sehingga jika salah, maka dapat dihapus dengan mudah. Sesudah itu tiap garis dapat dibuat tebal dan diberi warna.

- Kanvas


Jika mengulas aktifitas melukis, maka kanvas merupakan media nomor satu. Kanvas adalah kain yang dikombinasikan dengan lem dan memiliki permukaan yang bertekstur. Kanvas pun bisa bertahan lama jika disimpan dengan cermat.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukan kertas, manusia memakai kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dijadikan media tulis atau gambar. Kulit hewan yang biasa dipakai adalah sapi atau kerbau. Kulit pun merupakan bahan yang kuat untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Bergantung dengan kreatifitas si perupa, banyak media yang dapat digunakan untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat kaligrafi. Misalnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi kendaraan yang dilukis dengan cantik memakai air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Kata siapa kita tidak bisa membuat kaligrafi dengan spidol? Ketika membuat sebuah seni kaligrafi yang berisikan font atau teks, ada kalanya kita perlu membuat garis yang tebal. Menggunakan spidol, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengulang garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya memang waktu yang lama.

Alternatifnya dapat memakai spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut sekitar 30-40 derajat untuk menciptakan garis yang tebal. Satu spidol yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Terdapat berbagai model jenis spidol/marker POSCA yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran ujungnya pun berbagai macam, dengan terkecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya pun bermacam-macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk beberapa tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Masing-masing tipe mempunyai jumlah warna yang berbeda-beda.



Jika memakai spidol biasa, maka kita perlu melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dalam sudut miring agar dapat menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Teknik memotong spidol kaligrafi juga termasuk mudah dengan mengandalkan cutter yang tajam.

Akan tetapi jika kita tak mau repot, maka dapat menggunakan spidol khusus kaligrafi yang dapat dijumpai dalam berbagai merk.Terdapat berbagai merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).


SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA merupakan spidol atau marker water-based yang bisa digunakan untuk berbagai jenis permukaan. Bahan cat yang ada di dalamnya tidak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air setelah kering dan tidak tembus pada kertas.

Spidol ini dapat dipakai untuk membuat gambar atau kaligrafi dengan desain yang berbeda-beda pada berbagai permukaan, misalnya kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Banyak ilustrator yang populer dengan membuat gambar dan seni kaligrafi dengan spidol kaligrafi POSCA. Hasilnya populer dengan POSCA art. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu tentang spidol POSCA pasti akan mempunyai banyak pertanyaan mengenai nilai tambah yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.

spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA sifatnya permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen pada bahan yang berpori-pori seperti kain, kertas, kayu dan lainnya. Tetapi tak permanen (dapat dihapus) pada permukaan tak berpori seperti contohnya kaca.

+ Apakah tidak berbahaya untuk anak-anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, dengan begitu sangat aman untuk anak-anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA memiliki bahan tidak beracun dan dapat dengan gampang dibersihkan saat terkena kulit. Akan tetapi jangan digunakan dengan sembarangan pada kulit seperti wajah, apalagi spidol ini belum diuji melalui standar kosmetik dan dermatologi.

+ Apakah dapat diisi ulang/refill?
- Semua jenis spidol POSCA tak bisa di-refill.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Lama pengeringannya termasuk cepat. Umumnya, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori-pori.

+ Apakah warna yang sudah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA akan permanen pada permukaan berpori. Akan tetapi Anda bisa lebih mengoptimalkannya dengan melakukan beberapa cara, seperti memberikan lapisan pernis, membakarnya jika Anda memakai keramik, atau menyetrika saat menggunakan POSCA pada kain.

+ Apa yang harus dilakukan saat ujung spidol kering?
- Tidak perlu khawatir jika tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun menjadi kering. Dengan menggunakan mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengeluarkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangatlah kering, cukup lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa model tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang dapat dihasilkan oleh spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mencampurnya atau menambahkan yang sudah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kurang lebih seperti cat akrilik.

+ Bisakah spidol POSCA dipakai pada kain?
- Bisa. Anda dapat menggunakannya di bermacam jenis kain dan berubah menjadi semakin permanen setelah disetrika dan tidak akan luntur ketika dicuci. Akan tetapi ketahanan kain jelas kembali lagi pada varian kain yang dipakai.

Supaya benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa memakai setrika uap. Supaya maksimal, cuci kain terlebih dulu sebelum mengaplikasikan spidol POSCA. Untuk bahan kain yang lembut, disarankan menggambar garis tepi terlebih dahulu lalu baru dalamnya diwarnai supaya menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA dapat dipakai pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda bisa memberikan lapisan pernis atau memanggangnya di dalam oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.



spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan di kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA dapat permanen atau tidak ketika diaplikasikan pada kaca. Permanen saat kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus dengan lap basah.

+ Berapa lama waktu spidol POSCA akan kering di kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan sangat kering sesudah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA bisa bekerja maksimal di kayu?
- Asal permukaan kayu telah diamplas, maka spidol POSCA dapat digunakan dengan maksimal.

+ Dapatkah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah dapat digunakan pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, akan tetapi lama-kelamaan dapat terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal mampu dipakai untuk di berbagai jenis permukaan, dan banyak sekali seniman yang memakainya untuk membuat sketsa, gambar dan lainnya. Jadi dapat dikatakan jika POSCA adalah spidol khusus seni kaligrafi. Anda dapat melihat hasil mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Seniman yang berbasis di Paris ini dapat membuat sebuah gambar berupa garis yang bersih dengan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan media berukuran yang termasuk kecil seperti misalnya notebook. Semua ia lakukan memakai spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja buka halaman Instagram-nya untuk melihat hasil karyanya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Illustrator yang satu ini biasanya menggambar sketsa terlebih dahulu memakai pensil, kemudian baru menambahkan warna menggunakan spidol POSCA. Ia memiliki cir khas sering memanfaatkan ruang kosong (negative space) pada kertas untuk dijadikan bagian pada gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia merupakan surfer traveler artist, dimana ia sering memakai papan selancar sebagai media untuk menggambar memakai spidol POSCA. Selain itu ia juga kerap menggambar dengan media kaos dan kain dengan skala yang amat besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah memblok kertas menggunakan satu warna untuk background. Kemudian baru ia mengaplikasikan gambar di atasnya. Dengan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan background kering terlebih dulu baru mulai menggambar detail di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain menciptakan gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini kerap membuat desain huruf atau lettering memakai spidol POSCA. Untuk membuat lettering atau typography, ia menggunakan jenis spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing bisa membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari berbagai hasil sketsa para seniman di atas, dapat kita lihat sendiri jika POSCA adalah spidol yang cocok untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat seni kaligrafi. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Terdapat 7 tipe spidol POSCA dengan spesifikasi yang berbeda-beda, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Cari spidol untuk kaligrafi POSCA? Langsung kontak kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau bisa kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke berbagai kota di Indonesia.

Lantas berapakah harga spidol kaligrafi ini? Anda dapat langsung menghubungi nomor yang tersedia di atas untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegunaan spidol posca

Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi