Jual Marker Kaligrafi POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Berikut adalah informasi mengenai Jual Marker Kaligrafi POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Membuat Kaligrafi


Kaligrafi merupakan sebuah karya kesenian yang menekankan keindahan dengan memodifikasi atau mengaplikasikan style tersendiri kepada huruf sehingga dapat memiliki nilai estetika yang indah. Intinya kaligrafi dapat dikatakan sebagai membuat kata indah yang dihasilkan oleh tangan manusia. Namun tahukah Anda jika kita dapat menggunakan spidol kaligrafi untuk menciptakan sebuah kaligrafi?



Kalau kita membaca kata "kaligrafi", maka langsung terbayangkan kaligrafi dari huruf-huruf Arab yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah kalimat. Umumnya, kaligrafi tidak hanya dikhususkan pada huruf Arab saja, melainkan segala macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta hingga huruf Jawa kuno.

Masing-masing seniman mempunyai gaya berbeda saat membuat seni kaligrafi, dan tergantung dari kreatifitas masing-masing. Ada yang memfokuskan diri pada background yang dipadukan bersama huruf yang sudah dimodifikasi, tetapi terdapat pula yang baik huruf dan background nampak menyatu. Apapun itu teknik yang digunakan tetap saja seni kaligrafi terlihat cantik.

Dari ilmunya, seni kaligrafi bisa dibagi menjadi berbagai cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang seni kaligrafi mempunyai perupa yang terkenal. Tapi bagi kita yang awam mengenai cabang kaligrafi, mestinya semua terlihat cantik.

SEJARAH SENI KALIGRAFI


Semenjak ditemukannya kertas untuk media tulis, maka seni kaligrafi pun mulai berkembang pesat. Seperti misalnya di Tiongkok, dimana kaligrafi telah menjadi budaya karena merupakan ciri khas dari seseorang yang terpelajar. Hal yang sama juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana kaligrafi adalah seni yang sangat diakui hasilnya.

Sedangkan untuk seni kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenal dengan Khat. Berdasar hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat adalah ilmu yang mengajarkan mengenai huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya ke dalam suatu susunan atau rangkaian tulisan, atau juga semua yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, berikut apa dan bagaimana ejaan yang dapat digubah.



Walau begitu, bangsa Arab faktanya termasuk tertinggal dalam kaligrafi dibanding dengan bangsa lainnya. Misalnya bangsa Mesir dengan tulisan Hierogliph, bangsa Indian melalui Devanagari, dan juga bangsa Jepang dengan aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini disebabkan bangsa Arab adalah bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) sehingga untuk komunikasi lebih mementingkan lisan dibanding tulisan.

Tulisan pun baru dikenal oleh bangsa Arab saat masa kedatangan Islam, yang diikuti dengan abjad Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal melalui seni kaligrafi, seperti Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dari yang awalnya sebagai media untuk menyalin kitab suci, seni kaligrafi pun berkembang menjadi karya seni yang bermacam-macam.

PERLENGKAPAN KALIGRAFI


Tentu terdapat beberapa macam perlengkapan yang dapat digunakan untuk membuat seni kaligrafi. Perlengkapan itu juga menyesuaikan dengan gaya sang pembuat kaligrafi, sebab tiap peralatan dan medianya mampu menghasilkan karakter kaligrafi yang berbeda.


1. Alat Gambar


Gunanya adalah menciptakan seni kaligrafi itu sendiri, dan jenisnya juga bermacam-macam. Berikut adalah beberapa alat gambar yang bisa digunakan.

- Pensil


Pensil telah menjadi alat tulis serta menggambar semenjak ditemukannya grafit yang merupakan bahan utamanya. Semakin lama semakin berkembang karena grafit sebagai bahan mampu dimodifikasi level kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang berbeda-beda. Semakin keras grafit maka semakin tipis guratan garisnya, dan semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena telah menjadi opsi pertama bagi seorang yang ingin membuat seni kaligrafi dengan garis yang nampak lebih kuat dan tegas dibandingkan dengan pensil. Pena juga memiliki bermacam varian, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, dan pena logam. Untuk pena logam bisa dicari secara mudah di toko, sedangkan lainnya harus dibuat sendiri.

Untuk pena bambu atau kayu, kita dapat membuatnya sendiri menggunakan batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang sekitar 20 cm atau secukupnya kita. Kemudian ujung dipotong dengan runcing atau pipih bergantung dengan ketebalan yang ingin dihasilkan. Sedangkan untuk pena bulu, bulu binatang yang paling cocok adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita dapat mencarinya dengan gampang di toko yang menjual bermacam perlengkapan kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang bermacam-macam untuk menghasilkan garis yang tipis sampai tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga biasa digunakan untuk menggambar, dan tentu juga bisa digunakan untuk menciptakan seni kaligrafi. Secara strukturnya, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam berbagai tipe warna, sehingga kita bisa berkreasi dengan mudah. Selain itu karena tintanya berada di dalam busa spidol, kita tak perlu takut tinta tersebut tumpah kemana-mana.

- Pulpen


Meskipun warna yang tersedia sangat terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen bisa menjadi opsi untuk Anda yang ingin menciptakan seni kaligrafi. Tentunya perlu cara tersendiri untuk membuat sebuah garis tebal seperti kuas atau spidol, namun kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol mampu terlihat cantik. Secara struktur, pulpen memiliki ujung bulat layaknya bola yang berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk memberikan warna, ada berbagai macam alat yang tersedia dan dapat Anda gunakan.




- Pensil Warna


Dilihat dari bentuk terlihat tak jauh berbeda dengan pensil biasa. Bedanya terletak di isinya, dimana pensil pada umumnya memakai grafit, sedangkan pensil warna berisikan leads yang memiliki bahan campuran yakni pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax dan serfactant.

Sekarang terdapat pensil warna yang sesudah digoreskan pada kertas, mampu dikuaskan oleh air sehingga tampak menjadi seperti cat air. Cara yang tepat dapat menghasilkan seni kaligrafi yang terlihat indah.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak mampu menghasilkan hasil kuasan yang tebal. Jika sebuah warna ditumpuk oleh warna lainnya, maka warna yang tertindih masih akan sedikit terlihat.

- Cat Minyak


Untuk seorang pelukis, maka cat minyak merupakan bahan yang sangat biasa digunakan. Cat minyak ini digunakan sebagai pewarna dengan memakai pengencer minyak. Cat minyak juga dapat menciptakan kesan yang gelap serta terang. Seni kaligrafi tentunya juga mampu diciptakan menggunakan cat minyak.

- Cat Semprot


Biasanya dikenal dengan air brush. Untuk menggunakannya diperlukan peralatan yakni kompresor untuk meniupkan cat yang bentuknya cair ke permukaan media. Secara umum cat semprot banyak digunakan untuk mempercantik kendaraan. Tapi ada juga yang menggunakan cat semprot pada media seperti tembok, bahkan kuku. Dibutuhkan teknik yang tinggi untuk memakai cat semprot ini.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini sudah digunakan sejak lama baik untuk menulis atau menciptakan sebuah karya seni rupa. Jika dahulu cuma terdapat warna hitam saja, sekarang warna tinta pun berbeda-beda dan dibuat dengan bahan yang juga bermacam-macam.

3. Media Gambar


Jika alat dan bahan membuat kaligrafi sudah ada, maka satu hal penting lainnya adalah media untuk membuat gambar.




- Kertas


Kertas adalah media utama bagi menggambar, khususnya seni kaligrafi. Kertas sendiri telah ditemukan sejak dahulu kala di Tiongkok dan masih dipakai hingga saat ini. Semenjak ditemukan, kertas menjelma jadi media utama untuk menulis maupun menggambar.

Kertas pun menjadi media yang tepat bagi siapapun yang ingin belajar untuk menggambar seni kaligrafi. Misalnya menggaris sketsa terlebih dahulu menggunakan pensil. Sehingga ketika salah, maka dapat dihapus dengan mudah. Setelah itu tiap garis bisa ditebalkan dan diberi warna.

- Kanvas


Jika membahas aktifitas melukis, maka kanvas merupakan media nomor satu. Kanvas adalah kain yang dicampur dengan lem dan mempunyai permukaan yang bertekstur. Kanvas pun bisa bertahan lama ketika disimpan dengan cermat.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukan kertas, manusia menggunakan kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dibuat menjadi media tulis atau gambar. Kulit binatang yang biasa dipakai adalah sapi atau kerbau. Kulit pun termasuk bahan yang awet untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Tergantung dengan kreatifitas si perupa, banyak media yang bisa digunakan untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat seni kaligrafi. Contohnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi kendaraan yang dilukis dengan indah memakai air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Kata siapa kita tak bisa membuat seni kaligrafi menggunakan spidol? Saat membuat sebuah seni kaligrafi yang berisi font atau teks, ada kalanya kita harus membuat garis yang tebal. Memakai spidol, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengulangi garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya membutuhkan waktu yang lama.

Alternatifnya dapat menggunakan spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut sekitar 30-40 derajat untuk menciptakan garis yang tebal. Satu spidol yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Ada berbagai model jenis spidol/marker POSCA yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran ujungnya pun berbagai macam, dengan terkecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya pun berbagai macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk sebagian tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Masing-masing tipe mempunyai jumlah warna yang berbeda.





Jika memakai spidol biasa, maka kita harus melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dengan sudut miring supaya bisa menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Cara memotong spidol kaligrafi juga termasuk mudah dengan mengandalkan cutter yang tajam.

Tetapi jika kita tidak mau repot, maka bisa memakai spidol khusus kaligrafi yang dapat dijumpai dalam bermacam-macam merk.Terdapat berbagai merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA merupakan spidol atau marker water-based yang bisa digunakan untuk berbagai jenis permukaan. Bahan cat yang terdapat di dalamnya tidak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air jika telah kering dan tak tembus pada permukaan kertas.

Spidol ini bisa digunakan untuk membuat gambar atau seni kaligrafi dengan desain yang berbeda-beda pada beberapa permukaan, seperti kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Banyak ilustrator yang populer dengan membuat gambar dan kaligrafi menggunakan spidol kaligrafi POSCA. Hasil karyanya populer dengan POSCA art. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu tentang spidol POSCA pasti akan mempunyai banyak pertanyaan mengenai keunggulan yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.

spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA bersifat permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen di bahan yang berpori seperti kain, kertas, kayu dan sebagainya. Tetapi tak permanen (dapat dihapus) di permukaan tak berpori seperti contohnya kaca.

+ Apakah tidak berbahaya untuk anak-anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, sehingga sangatlah aman untuk anak-anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA mempunyai bahan tak beracun dan bisa dengan gampang dibersihkan jika terkena kulit. Akan tetapi jangan digunakan dengan sembarangan pada kulit seperti wajah seseorang, terlebih spidol ini belum diuji dengan standar kosmetik serta dermatologi.

+ Apakah bisa diisi ulang/refill?
- Semua varian spidol POSCA tak dapat di-refill.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Waktu pengeringannya termasuk cepat. Umumnya, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori-pori.

+ Apa warna yang telah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA akan permanen pada permukaan berpori-pori. Akan tetapi Anda dapat lebih mengoptimalkannya dengan melakukan berbagai cara, seperti memberikan lapisan pernis, membakarnya jika Anda menggunakan keramik, atau menyetrika ketika menggunakan POSCA di kain.

+ Apa yang harus dilakukan saat ujung spidol kering?
- Tidak perlu cemas jika tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun kering. Dengan menggunakan mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengalirkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangatlah kering, cukup lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa varian tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang dapat dihasilkan oleh spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mengkombinasikannya atau menambahkan yang sudah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kurang lebih seperti cat akrilik.

+ Bisakah spidol POSCA dipakai pada kain?
- Bisa. Anda dapat menggunakannya di bermacam jenis kain dan menjadi semakin permanen setelah disetrika dan tidak akan luntur saat dicuci. Akan tetapi ketahanan kain jelas kembali lagi pada varian kain yang dipakai.

Agar benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa menggunakan setrika uap. Supaya maksimal, cuci kain terlebih dulu sebelum menggunakan spidol POSCA. Untuk bahan kain yang lembut, disarankan untuk menggambar garis tepi terlebih dahulu lalu baru dalamnya diwarnai supaya menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA dapat dipakai pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda dapat memberikan lapisan pernis atau memanggangnya di oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.

spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA bisa permanen ataupun tidak ketika dipakai pada kaca. Permanen saat kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus menggunakan lap basah.

+ Berapa lama waktu spidol POSCA akan kering di kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan benar-benar kering sesudah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA dapat bekerja maksimal di kayu?
- Asal permukaan kayu sudah diamplas, maka spidol POSCA dapat dipakai secara maksimal.

+ Apakah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah dapat dipakai pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, tetapi lama-kelamaan bisa terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal dapat digunakan pada berbagai varian permukaan, dan banyak sekali seniman yang menggunakannya untuk membuat sketsa, gambar dan lain-lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa POSCA merupakan spidol khusus kaligrafi. Anda dapat melihat hasil mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Seniman yang berbasis dari Paris ini dapat membuat sebuah gambar berupa garis yang bersih dan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan ukuran media yang termasuk kecil seperti misalnya agenda. Semua ia lakukan menggunakan spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja buka halaman Instagram-nya untuk melihat hasil pekerjaannya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Illustrator yang satu ini biasanya menggambar sketsa terlebih dulu menggunakan pensil, setelah itu baru memberikan warna menggunakan spidol POSCA. Ia dikenal sering memanfaatkan ruang kosong (negative space) pada kertas untuk dijadikan bagian pada gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia merupakan surfer traveler artist, dimana ia sering memakai papan selancar sebagai media untuk menggambar menggunakan spidol POSCA. Selain itu ia juga sering menggambar menggunakan media kaos dan kain dalam skala yang amat besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah memblok kertas menggunakan satu warna untuk background. Kemudian baru ia mengaplikasikan gambar di atasnya. Dengan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan pertama kering terlebih dahulu baru mulai menggambar detail di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain membuat gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini sering membuat desain huruf atau lettering menggunakan spidol POSCA. Untuk membuat lettering atau typography, ia menggunakan tipe spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing dapat membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari beberapa hasil sketsa para ilustrator di atas, dapat kita lihat sendiri jika POSCA adalah spidol yang tepat untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat seni kaligrafi. Untuk pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Terdapat 7 tipe spidol POSCA dengan spesifikasi yang berbeda-beda, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang bermacam-macam pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Anda mencari spidol untuk kaligrafi POSCA? Silakan kontak kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau bisa kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke berbagai kota di Indonesia.

Lalu berapakah harga spidol kaligrafi ini? Anda dapat langsung menghubungi nomor yang tersedia di atas untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegunaan spidol posca

Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi