Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Terbaik untuk Menciptakan Kaligrafi

Berikut adalah informasi mengenai Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Terbaik untuk Menciptakan Kaligrafi


Kaligrafi merupakan bentuk karya kesenian yang menekankan keindahan dengan memodifikasi atau mengaplikasikan gaya tersendiri pada huruf sehingga dapat menghasilkan estetika yang indah. Dengan begitu kaligrafi adalah menciptakan kata indah yang dihasilkan oleh tangan seseorang. Namun tahukah Anda jika kita bisa menggunakan spidol kaligrafi untuk membuat sebuah karya kaligrafi?



Andaikata kita membaca kata "kaligrafi", maka langsung terbayangkan seni kaligrafi dari huruf-huruf Arab yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah kalimat. Secara umum, kaligrafi tidak hanya dikhususkan pada huruf-huruf Arab saja, melainkan juga berbagai macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta hingga huruf Jawa kuno.

Masing-masing seniman membawa style berbeda dalam menggambar seni kaligrafi, dan tergantung dari tingkat kreatifitas masing-masing. Ada yang memfokuskan diri pada latar belakang yang dikombinasikan dengan huruf yang sudah dimodifikasi, tetapi terdapat pula yang baik huruf dan background terlihat menyatu. Apapun itu teknik yang digunakan tetap saja seni kaligrafi tampak menarik.

Dari ilmunya, seni kaligrafi dapat dibagi menjadi beberapa cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang kaligrafi mempunyai ilustrator yang populer. Akan tetapi bagi kita yang awam mengenai cabang seni kaligrafi, mestinya semua terlihat indah.

MENILIK SEJARAH KALIGRAFI


Semenjak ditemukannya kertas sebagai media tulis, maka kaligrafi pun mulai berkembang. Misalnya di Tiongkok, dimana kaligrafi telah menjadi budaya karena menjadi ciri khas dari siapapun yang terpelajar. Hal yang sama juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana seni kaligrafi merupakan seni yang sangat diakui hasilnya.

Sedangkan pada kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenali dengan Khat. Berdasarkan hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat merupakan ilmu yang mengajarkan mengenai huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya ke dalam suatu susunan atau rangkaian tulisan, atau juga apapun yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, serta apa dan bagaimana ejaan yang dapat digubah.



Walaupun begitu, bangsa Arab faktanya termasuk ketinggalan untuk seni kaligrafi dibandingkan dengan bangsa yang lain. Contohnya bangsa Mesir melalui tulisan Hierogliph, bangsa Indian melalui Devanagari, dan juga bangsa Jepang melalui aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini disebabkan bangsa Arab merupakan bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) dengan begitu untuk berkomunikasi lebih mementingkan lisan daripada tulisan.

Tulisan pun baru dikenal oleh bangsa Arab pada masa kedatangan Islam, yang dibarengi oleh abjad Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal dengan kaligrafi, misalnya Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dari yang awalnya sebagai media untuk menyalin kitab suci, kaligrafi pun berkembang menjadi karya seni yang bermacam-macam.

PERLENGKAPAN KALIGRAFI


Tentunya ada berbagai tipe peralatan yang dapat digunakan untuk membuat kaligrafi. Perlengkapan tersebut juga menyesuaikan dengan style sang pembuat kaligrafi, karena tiap alat dan medianya bisa menghasilkan gaya seni kaligrafi yang bermacam-macam.


1. Alat Gambar


Gunanya adalah menciptakan seni kaligrafi itu sendiri, dan macamnya juga banyak. Berikut merupakan macam-macam alat gambar yang bisa digunakan.

- Pensil


Pensil telah menjadi alat tulis serta menggambar mulai ditemukannya grafit yang merupakan bahan utamanya. Semakin lama semakin berkembang karena grafit sebagai bahan mampu dimodifikasi tingkat kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang berbeda. Semakin keras grafit maka semakin tipis coretan garisnya, serta semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena menjadi opsi penting bagi seorang yang ingin membuat kaligrafi dengan garis yang terlihat lebih kuat serta tegas dibanding dengan pensil. Pena pun memiliki berbagai tipe, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, serta pena logam. Untuk pena logam mampu dicari secara mudah di toko, sedang lainnya harus dibuat sendiri.

Untuk pena bambu dan kayu, kita dapat membuatnya sendiri menggunakan batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang kira-kira 20 cm atau secukupnya kita. Kemudian ujung dipotong dengan runcing atau pipih bergantung dengan ketebalan yang mau dihasilkan. Sedangkan untuk pena bulu, bulu binatang yang paling pas adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita mampu mencarinya dengan mudah di toko yang menjual berbagai alat tulis kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang berbeda-beda untuk menghasilkan garis yang tipis hingga tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga dapat digunakan untuk menggambar, dan tentu juga bisa dipakai untuk membuat kaligrafi. Secara struktur, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam berbagai tipe warna, dengan begitu kita mampu berkreasi dengan . Selain itu karena tintanya terdapat di dalamnya busa spidol, kita tak perlu takut tinta tersebut tumpah berceceran.

- Pulpen


Kendati warna yang ditawarkan begitu terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen dapat menjadi pilihan untuk Anda yang bertujuan untuk membuat kaligrafi. Tentunya memerlukan teknik khusus untuk menciptakan sebuah garis tebal seperti layaknya kuas atau spidol, namun kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol dapat terlihat indah. Secara struktur, pulpen memiliki ujung bulat layaknya bola yang berguna untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk mengaplikasikan warna, terdapat berbagai variasi alat yang tersedia dan bisa Anda gunakan.


- Pensil Warna


Dilihat dari bentuk terlihat tak jauh berbeda dengan pensil pada umumnya. Perbedaan terletak pada isinya, dimana pensil pada umumnya menggunakan grafit, sedangkan pensil warna berisikan leads yang berbahan campuran yakni pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax dan serfactant.

Saat ini ada juga pensil warna yang sesudah digoreskan di kertas, dapat dikuaskan oleh air sehingga tampak terlihat layaknya cat air. Teknik yang tepat dapat menciptakan kaligrafi yang terlihat menawan.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak bisa menciptakan hasil kuasan yang tebal. Jika sebuah warna ditumpuk oleh warna lainnya, maka warna yang tertindih masih akan sedikit terlihat.

- Cat Minyak


Untuk seorang pelukis, maka cat minyak adalah bahan yang sangat umum digunakan. Cat minyak tersebut dipakai sebagai pewarna dengan memakai pengencer minyak. Cat minyak pun dapat menghasilkan kesan yang gelap dan terang. Seni kaligrafi tentunya juga mampu diciptakan oleh cat minyak.

- Cat Semprot


Biasa dikenal juga dengan air brush. Untuk menggunakannya diperlukan peralatan berupa kompresor untuk meniupkan cat yang bentuknya cair ke permukaan media. Secara umum cat semprot banyak dipakai untuk memperindah kendaraan. Namun ada juga yang memakai cat semprot pada media seperti dinding, bahkan kuku. Dibutuhkan teknik yang tinggi untuk memakai cat semprot tersebut.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini sudah dipakai sejak dulu baik untuk menulis ataupun membuat sebuah karya seni rupa. Jika dahulu cuma terdapat warna hitam saja, sekarang warna tinta pun bermacam-macam dan diproduksi menggunakan bahan yang juga berbeda.

3. Media Gambar


Setelah peralatan dan bahan menciptakan seni kaligrafi sudah ada, maka satu hal penting lainnya adalah media untuk membuat gambar.


- Kertas


Kertas merupakan media utama untuk menggambar, khususnya kaligrafi. Kertas sendiri sudah ditemukan sejak dahulu kala di Tiongkok dan masih digunakan hingga saat ini. Semenjak ditemukan, kertas menjadi media utama untuk menulis atau menggambar.

Kertas pun menjadi media yang cocok bagi Anda yang ingin belajar untuk membuat kaligrafi. Misalnya menggaris sketsa terlebih dulu memakai pensil. Sehingga jika salah, maka bisa dihapus secara mudah. Setelah itu tiap garis dapat dibuat tebal dan diberi warna.

- Kanvas


Saat berbicara kegiatan melukis, maka kanvas adalah media nomor satu. Kanvas merupakan kain yang dicampur dengan lem dan memiliki permukaan yang bertekstur. Kanvas pun bisa bertahan lama saat disimpan dengan tepat.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukannya kertas, manusia memakai kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dijadikan media tulis ataupun gambar. Kulit hewan yang biasa digunakan adalah sapi atau kerbau. Kulit pun merupakan bahan yang awet untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Bergantung dengan kreatifitas si pembuat kaligrafi, banyak media yang dapat dipakai untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat kaligrafi. Contohnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi kendaraan yang dilukis dengan cantik memakai air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Siapa bilang kita tidak bisa membuat seni kaligrafi menggunakan spidol? Ketika menciptakan sebuah seni kaligrafi yang berisi font atau teks, ada kalanya kita perlu membuat garis yang tebal. Menggunakan spidol, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengulang garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya perlu waktu yang lama.

Cara lainnya bisa menggunakan spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut sekitar 30-40 derajat untuk menciptakan garis yang tebal. Salah satu yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Terdapat beberapa macam jenis spidol/marker POSCA yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran ujungnya pun bermacam-macam, dengan terkecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya pun berbagai macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk sebagian tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Tiap tipe memiliki jumlah warna yang berbeda-beda.





Saat memakai spidol biasa, maka kita perlu melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dalam sudut miring supaya dapat menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Teknik memotong spidol kaligrafi juga termasuk mudah dengan menggunakan cutter yang tajam.

Tetapi jika kita tidak ingin repot, maka bisa menggunakan spidol khusus kaligrafi yang dapat dijumpai dalam bermacam-macam merk.Terdapat beberapa merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA adalah spidol atau marker water-based yang dapat digunakan untuk berbagai jenis permukaan. Bahan cat yang ada di dalamnya tidak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air jika telah kering dan tak tembus pada permukaan kertas.

Spidol ini bisa dipergunakan untuk membuat gambar atau seni kaligrafi dengan desain yang berbeda-beda pada berbagai permukaan, misalnya kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Banyak ilustrator yang terkenal dengan membuat gambar dan seni kaligrafi menggunakan spidol kaligrafi POSCA. Hasilnya dikenal dengan POSCA art. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu tentang spidol POSCA pasti akan memiliki banyak pertanyaan mengenai nilai plus yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.

spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA bersifat permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen di bahan yang berpori seperti kain, kertas, kayu dan lainnya. Tetapi tidak permanen (dapat dihapus) di permukaan tak berpori seperti misalnya kaca.

+ Apakah tidak berbahaya untuk anak-anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, sehingga sangat aman untuk anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA mempunyai bahan tak beracun dan dapat dengan mudah dibersihkan saat terkena kulit. Tetapi jangan digunakan secara sembarangan pada kulit seperti wajah, apalagi spidol ini belum diuji pada standar kosmetik dan dermatologi.

+ Apakah dapat diisi ulang/refill?
- Semua varian spidol POSCA tak bisa diisi ulang.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Lama pengeringannya termasuk cepat. Umumnya, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori.

+ Apa warna yang telah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA akan permanen pada permukaan berpori-pori. Tetapi Anda bisa lebih mengoptimalkannya dengan melakukan beberapa cara, seperti memberi lapisan pernis, membakarnya jika Anda menggunakan keramik, atau menyetrika ketika menggunakan POSCA pada kain.

+ Apa yang harus dilakukan jika ujung spidol kering?
- Tidak perlu khawatir saat tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun menjadi kering. Dengan menggunakan mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengeluarkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangat kering, cukup lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa tipe tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang bisa dihasilkan menggunakan spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mencampurnya atau menambahkan yang telah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kira-kira seperti cat akrilik.

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada kain?
- Bisa. Anda bisa menggunakannya di bermacam jenis kain dan berubah menjadi semakin permanen setelah disetrika dan tak akan luntur saat dicuci. Akan tetapi ketahanan kain jelas kembali lagi pada jenis kain yang digunakan.

Supaya benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa memakai setrika uap. Supaya maksimal, cuci kain terlebih dahulu sebelum menggunakan spidol POSCA. Pada bahan kain yang lembut, disarankan untuk menggambar garis tepi terlebih dahulu lalu baru dalamnya diwarnai supaya menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA dapat digunakan pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda bisa menambahkan lapisan pernis atau memanggangnya di oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.

spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA dipakai di kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA dapat permanen ataupun tidak ketika dipakai pada kaca. Permanen jika kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus saja dengan lap basah.

+ Berapa lama waktu spidol POSCA akan kering pada kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan sangat kering sesudah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA dapat bekerja maksimal di kayu?
- Asalkan permukaan kayu sudah diamplas, maka spidol POSCA dapat dipakai dengan maksimal.

+ Dapatkah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah bisa digunakan pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, tetapi lama-kelamaan bisa terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal dapat digunakan pada berbagai jenis permukaan, dan banyak sekali seniman yang menggunakannya untuk membuat sketsa, gambar dan lain-lain. Jadi dapat dibilang jika POSCA merupakan spidol khusus kaligrafi. Anda dapat melihat hasil mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Ilustrator yang berbasis dari Paris ini mampu membuat sebuah gambar dengan garis yang bersih dan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan media berukuran yang termasuk kecil seperti misalnya notebook. Semua ia lakukan memakai spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja buka halaman Instagram-nya untuk menikmati hasil karyanya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Seniman yang satu ini biasa membuat sketsa terlebih dulu memakai pensil, setelah itu baru memberikan warna dengan spidol POSCA. Ia diketahui sering memanfaatkan ruang kosong (negative space) pada kertas untuk dijadikan bagian pada gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia adalah surfer traveler artist, dimana ia sering memakai papan selancar sebagai media untuk menggambar menggunakan spidol POSCA. Selain itu ia juga kerap menggambar menggunakan media kaos dan kain dengan skala yang amat besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah memblok kertas dengan satu warna untuk background. Setelah itu baru ia mengaplikasikan gambar di atasnya. Dengan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan background kering terlebih dulu baru kemudian mulai menggambar detail di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain menciptakan gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini kerap menciptakan desain huruf atau lettering memakai spidol POSCA. Untuk menciptakan lettering atau typography, ia menggunakan jenis spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing bisa membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari beberapa hasil sketsa para ilustrator di atas, dapat kita lihat sendiri bahwa POSCA adalah spidol yang cocok untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat kaligrafi. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Terdapat 7 varian spidol POSCA dengan spesifikasi yang berbeda-beda, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda-beda pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Cari spidol untuk kaligrafi POSCA? Silakan hubungi kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau langsung kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke semua kota di Indonesia.

Lantas berapa harga spidol kaligrafi ini? Anda dapat langsung mengontak nomor yang ada di atas untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegunaan spidol posca

Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi