Grosir Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Berikut adalah informasi mengenai Grosir Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Membuat Kaligrafi


Kaligrafi adalah sebuah karya seni rupa yang menekankan keindahan dengan cara memodifikasi atau memberikan sebuah gaya tersendiri kepada huruf sehingga dapat memiliki nilai estetika yang indah. Intinya kaligrafi adalah membuat tulisan indah yang dihasilkan oleh tangan manusia. Tetapi tahukah Anda jika kita bisa menggunakan spidol kaligrafi untuk menggambar sebuah karya seni kaligrafi?



Kalau kita membaca kata "kaligrafi", maka langsung terbayangkan kaligrafi dari huruf-huruf Arab yang disusun dalam kalimat. Secara umum, kaligrafi tidak hanya dikhususkan pada huruf Arab saja, melainkan macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta dan huruf Jawa kuno.

Masing-masing seniman membawa gaya berbeda dalam menggambar seni kaligrafi, dan bergantung dari kreatifitas masing-masing orang. Ada yang memfokuskan diri pada latar belakang yang dipadukan bersama huruf yang telah dimodifikasi, akan tetapi ada juga yang baik huruf dan background terlihat menyatu. Apapun itu teknik yang digunakan tetap saja kaligrafi terlihat menarik.

Dari ilmunya, seni kaligrafi dapat dibedakan menjadi beberapa cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang seni kaligrafi mempunyai seniman yang terkenal. Tapi untuk kita yang awam mengenai cabang kaligrafi, mestinya semua tampak indah.

SEJARAH KALIGRAFI


Sejak ditemukannya kertas sebagai media tulis, maka kaligrafi pun mulai berkembang pesat. Seperti misalnya di Tiongkok, dimana kaligrafi sudah menjadi budaya karena merupakan ciri khas dari seseorang yang terpelajar. Hal yang mirip juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana seni kaligrafi merupakan seni yang sangat diakui hasilnya.

Sedang untuk kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenal dengan Khat. Berdasarkan hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat merupakan ilmu yang mengajarkan mengenai huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya ke dalam sebuah susunan atau rangkaian tulisan, atau juga apapun yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, serta apa dan bagaimana ejaan yang dapat digubah.



Walaupun begitu, bangsa Arab sebenarnya termasuk ketinggalan untuk seni kaligrafi dibandingkan dengan bangsa lainnya. Contohnya bangsa Mesir melalui tulisan Hierogliph, bangsa Indian melalui Devanagari, dan juga bangsa Jepang dengan aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini disebabkan bangsa Arab merupakan bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) sehingga untuk berkomunikasi lebih mementingkan lisan ketimbang tulisan.

Tulisan pun baru dikenali oleh bangsa Arab saat masa kedatangan Islam, yang diikuti dengan aksara Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal melalui kaligrafi, contohnya Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dari yang awalnya sebagai media untuk menyalin kitab suci, kaligrafi pun berkembang menjadi karya seni yang bermacam-macam.

PERALATAN KALIGRAFI


Tentunya ada beberapa macam perlengkapan yang bisa digunakan untuk membuat kaligrafi. Perlengkapan tersebut juga menyesuaikan dengan gaya sang pembuat kaligrafi, sebab tiap peralatan dan medianya mampu menghasilkan karakter seni kaligrafi yang bermacam-macam.


1. Alat Gambar


Gunanya adalah menciptakan kaligrafi itu sendiri, dan jenisnya pun bermacam-macam. Berikut adalah beberapa alat gambar yang bisa digunakan.

- Pensil


Pensil sudah menjadi alat tulis dan menggambar semenjak ditemukannya grafit yang merupakan bahan utamanya. Semakin lama semakin berkembang karena grafit sebagai bahan mampu diubah level kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang berbeda. Semakin keras grafit maka semakin tipis coretan garisnya, dan semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena telah menjadi pilihan pertama untuk seorang yang ingin membuat kaligrafi dengan garis yang tampak lebih kokoh dan tegas dibanding dengan pensil. Pena pun memiliki bermacam-macam varian, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, dan juga pena logam. Untuk pena logam bisa dicari mudah di toko, sedang lainnya harus dibuat sendiri.

Untuk pena bambu atau kayu, kita bisa membuatnya sendiri memakai batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang kira-kira 20 cm atau senyamannya kita. Selanjutnya ujung dipotong secara runcing atau pipih bergantung dengan ketebalan yang ingin dihasilkan. Sedang untuk pena bulu, bulu binatang yang paling sesuai adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita mampu mencarinya dengan mudah di toko yang menjual bermacam alat tulis kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang bermacam-macam untuk menghasilkan garis yang tipis hingga tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga dapat digunakan untuk menggambar, dan tentu juga bisa dipakai untuk menciptakan seni kaligrafi. Secara strukturnya, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam beberapa macam warna, dengan begitu kita mampu berkreasi dengan gampang. Selain itu karena tintanya berada di dalamnya busa spidol, kita tak perlu takut tinta tersebut tumpah kemana-mana.

- Pulpen


Meskipun warna yang ada begitu terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen bisa menjadi opsi untuk Anda yang ingin menciptakan kaligrafi. Memang perlu cara tersendiri untuk menciptakan sebuah garis tebal seperti kuas atau spidol, tetapi kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol dapat terlihat indah. Secara struktur, pulpen memiliki ujung bulat layaknya bola yang berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk memberikan warna, terdapat berbagai variasi peralatan yang tersedia dan bisa Anda gunakan.


- Pensil Warna


Dilihat dari bentuk terlihat tidak jauh berbeda dibandingkan pensil pada umumnya. Perbedaan terletak pada isinya, dimana pensil biasa memakai bahan grafit, sedangkan pensil warna berisikan leads yang memiliki bahan campuran dari pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax serta serfactant.

Saat ini ada juga pensil warna yang sesudah digoreskan di kertas, dapat dikuaskan oleh air sehingga tampak menjadi bagaikan cat air. Teknik yang tepat mampu menghasilkan kaligrafi yang terlihat menawan.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak bisa menghasilkan hasil kuasan yang tebal. Andaikata sebuah warna ditindih oleh warna lain, maka warna yang tertindih masih akan samar-samar terlihat jelas.

- Cat Minyak


Untuk seorang pelukis, maka cat minyak merupakan bahan yang sangat biasa digunakan. Cat minyak tersebut dipakai sebagai pewarna dengan menggunakan pengencer minyak. Cat minyak juga dapat menciptakan kesan yang gelap dan terang. Seni kaligrafi tentunya juga mampu dihasilkan oleh cat minyak.

- Cat Semprot


Biasanya dikenal dengan air brush. Untuk menggunakannya diperlukan peralatan yakni kompresor untuk menyemprotkan cat yang wujudnya cair ke permukaan media. Secara umum cat semprot banyak dipakai untuk memperindah kendaraan. Tapi ada juga yang memakai cat semprot pada media seperti dinding, bahkan kuku. Diperlukan teknik yang tinggi untuk menggunakan cat semprot ini.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini sudah digunakan sejak dahulu baik untuk menulis atau menciptakan sebuah karya seni rupa. Jika dulu cuma tersedia warna hitam saja, sekarang warna tinta juga berbeda-beda dan diproduksi menggunakan bahan yang juga berbeda.

3. Media Gambar


Setelah alat dan bahan menciptakan kaligrafi sudah tersedia, maka satu hal penting yang lain tentunya media untuk menggambar.




- Kertas


Kertas adalah media utama untuk menggambar, terlebih kaligrafi. Kertas sendiri sudah ditemukan sejak dahulu kala di Tiongkok dan masih dipakai hingga kini. Semenjak ditemukan, kertas menjelma jadi media penting untuk menulis atau menggambar.

Kertas pun merupakan media yang pas bagi siapapun yang ingin belajar untuk menggambar kaligrafi. Misalnya membuat sketsa terlebih dulu memakai pensil. Sehingga jika salah, maka bisa dihapus secara gampang. Sesudah itu garis-garisnya dapat ditebalkan dan diberi warna.

- Kanvas


Saat mengulas aktifitas melukis, maka kanvas adalah media nomor satu. Kanvas merupakan kain yang dikombinasikan dengan lem dan memiliki permukaan yang bertekstur. Kanvas pun bisa bertahan lama ketika disimpan dengan tepat.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukannya kertas, manusia menggunakan kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dijadikan media tulis ataupun gambar. Kulit hewan yang biasa dipakai adalah sapi atau kerbau. Kulit pun termasuk bahan yang kuat untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Bergantung dengan kreatifitas si perupa, banyak media yang bisa dipakai untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat kaligrafi. Contohnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi kendaraan yang dilukis dengan indah memakai air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Siapa bilang kita tidak bisa membuat kaligrafi menggunakan spidol? Saat menciptakan sebuah kaligrafi yang berisi font atau teks, ada kalanya kita perlu membuat garis yang tebal. Menggunakan spidol, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengulang garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya membutuhkan waktu yang lama.

Alternatifnya bisa menggunakan spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut sekitar 30-40 derajat untuk menciptakan garis yang tebal. Satu spidol yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Ada berbagai varian jenis spidol/marker POSCA yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran ujungnya pun bermacam-macam, dengan terkecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya sendiri bermacam-macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk sebagian tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Masing-masing tipe mempunyai jumlah warna yang berbeda.



Jika memakai spidol biasa, maka kita harus melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dengan sudut miring supaya dapat menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Teknik memotong spidol kaligrafi juga termasuk gampang dengan menggunakan cutter yang tajam.

Tetapi jika kita tak mau repot, maka dapat menggunakan spidol khusus kaligrafi yang dapat dijumpai dalam berbagai merk.Terdapat beberapa merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).




SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA adalah spidol atau marker water-based yang bisa dipakai pada berbagai jenis permukaan. Bahan cat yang terdapat di dalamnya tak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air jika telah kering dan tidak tembus pada permukaan kertas.

Spidol ini dapat digunakan untuk membuat gambar atau seni kaligrafi dengan desain yang berbeda-beda pada beberapa permukaan, seperti kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Banyak artis yang populer dengan membuat gambar dan seni kaligrafi menggunakan spidol kaligrafi POSCA. Hasil karyanya dikenal dengan POSCA art. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu tentang spidol POSCA pasti akan mempunyai banyak pertanyaan mengenai nilai plus yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.

spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA bersifat permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen di bahan yang berpori seperti kain, kertas, kayu dan sebagainya. Tetapi tak permanen (dapat dihapus) pada permukaan tak berpori seperti contohnya kaca.

+ Apakah aman untuk anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, dengan begitu sangatlah aman untuk anak-anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA memiliki bahan tak beracun dan dapat dengan gampang dibersihkan jika terkena kulit. Akan tetapi jangan digunakan dengan sembarangan pada kulit seperti wajah, terlebih spidol ini belum diuji melalui standar kosmetik serta dermatologi.

+ Apakah bisa diisi ulang/refill?
- Semua varian spidol POSCA tidak dapat diisi ulang.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Lama pengeringannya termasuk cepat. Secara umum, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori-pori.

+ Apa warna yang telah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA akan permanen pada permukaan berpori-pori. Akan tetapi Anda dapat lebih mengoptimalkannya dengan melakukan beberapa cara, seperti memberikan lapisan pernis, membakarnya jika Anda memakai keramik, atau menyetrika ketika menggunakan POSCA pada kain.

+ Apa yang harus dilakukan saat ujung spidol kering?
- Tidak perlu khawatir jika tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun kering. Dengan menggunakan mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengeluarkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangatlah kering, langsung lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa varian tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang dapat dihasilkan oleh spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mengkombinasikannya atau menambahkan yang telah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kira-kira seperti cat akrilik.

+ Dapatkah spidol POSCA dipakai pada kain?
- Bisa. Anda bisa menggunakannya di bermacam-macam jenis kain dan berubah menjadi semakin permanen setelah disetrika dan tak akan luntur saat dicuci. Tapi ketahanan kain jelas kembali lagi pada jenis kain yang dipakai.

Supaya benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa menggunakan setrika uap. Supaya maksimal, cuci kain terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan spidol POSCA. Untuk bahan kain yang lembut, disarankan menggambar garis tepi terlebih dulu kemudian baru dalamnya diwarnai untuk menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA dapat digunakan pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda bisa memberikan lapisan pernis atau memanggangnya di oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.

spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA dipakai pada kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA bisa permanen ataupun tidak ketika dipakai pada kaca. Permanen saat kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus dengan lap basah.

+ Berapa lama waktu spidol POSCA akan kering pada kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan sangat kering sesudah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA dapat bekerja maksimal di kayu?
- Asalkan permukaan kayu telah diamplas, maka spidol POSCA dapat dipakai dengan maksimal.

+ Dapatkah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah bisa dipakai pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, akan tetapi lama-lama bisa terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal dapat dipakai pada berbagai varian permukaan, dan banyak sekali seniman yang menggunakannya untuk membuat sketsa, gambar dan lainnya. Jadi bisa dibilang jika POSCA adalah spidol khusus kaligrafi. Anda bisa melihat hasil karya mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Seniman yang berbasis di Paris ini dapat membuat sebuah gambar dengan garis yang bersih dan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan ukuran media yang termasuk kecil seperti misalnya notebook. Semuanya ia lakukan menggunakan spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja akses halaman Instagram-nya untuk menikmati hasil karyanya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Illustrator yang satu ini biasanya menggambar sketsa terlebih dahulu memakai pensil, kemudian baru menambahkan warna menggunakan spidol POSCA. Ia memiliki cir khas sering memanfaatkan ruang kosong (negative space) pada kertas untuk digunakan bagian pada gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia merupakan surfer traveler artist, dimana ia sering memakai papan selancar sebagai media untuk menggambar memakai spidol POSCA. Selain itu ia juga sering menggambar menggunakan media kaos dan kain dalam skala yang cukup besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah dengan memblok kertas dengan satu warna untuk background. Setelah itu baru ia menambahkan gambar di atasnya. Dengan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan background kering terlebih dahulu baru mulai menggambar di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain menciptakan gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini kerap menciptakan desain huruf atau lettering memakai spidol POSCA. Untuk membuat lettering atau typography, ia menggunakan tipe spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing bisa membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari berbagai hasil sketsa para ilustrator di atas, dapat kita lihat sendiri jika POSCA merupakan spidol yang cocok untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat kaligrafi. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Ada 7 varian spidol POSCA dengan spesifikasi yang bermacam-macam, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Mencari spidol untuk kaligrafi POSCA? Langsung hubungi kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau bisa kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke semua kota di Indonesia.

Lalu berapakah harga spidol kaligrafi tersebut? Anda bisa langsung menghubungi nomor yang ada di atas untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegunaan spidol posca

Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi