jual posca white marker

Berikut adalah informasi mengenai Grosir Spidol Kaligrafi POSCA, Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi


Kaligrafi merupakan sebuah karya seni rupa yang fokus pada keindahan dengan melakukan modifikasi atau memberikan sebuah gaya tersendiri pada huruf sehingga dapat menghasilkan nilai estetika yang indah. Intinya kaligrafi dapat dikatakan sebagai menggambar tulisan indah yang dihasilkan oleh tangan. Akan tetapi tahukah Anda jika kita bisa menggunakan spidol kaligrafi untuk menciptakan sebuah kaligrafi?



Andaikata kita mendengar kata "kaligrafi", maka langsung terbayang seni kaligrafi dari huruf-huruf Arab yang disusun dalam sebuah kalimat. Umumnya, kaligrafi tidak hanya dikhususkan pada huruf Arab saja, melainkan juga macam huruf, baik itu latin, Jepang, India, Sansekerta dan huruf Jawa kuno.

Tiap perupa membawa style masing-masing saat menggambar kaligrafi, dan bergantung dari kreatifitas masing-masing. Ada yang memfokuskan diri pada background yang dikombinasikan bersama huruf yang sudah dimodifikasi, tetapi terdapat pula yang baik huruf dan background terlihat menyatu. Apapun itu teknik yang digunakan tetap saja seni kaligrafi terlihat cantik.

Secara ilmu, seni kaligrafi dapat dibedakan menjadi berbagai cabang, yakni Kaligrafi Klasik, Kaligrafi Tradisional, Kaligrafi Ekspresif, Kaligrafi Modern dan Kaligrafi Kontemporer. Tiap cabang seni kaligrafi mempunyai perupa yang populer. Namun untuk kita yang awam mengenai cabang seni kaligrafi, pastinya semua terlihat cantik.

SEJARAH KALIGRAFI


Semenjak ditemukannya kertas untuk media, maka kaligrafi pun mulai berkembang pesat. Seperti misalnya di Tiongkok, dimana kaligrafi sudah menjadi budaya karena menjadi ciri khas dari orang yang terpelajar. Hal yang sama juga terjadi di Jepang dan Eropa, dimana kaligrafi adalah sebuah seni yang sangat diakui nilainya.

Sedangkan pada seni kaligrafi Arab, sejarahnya cukup panjang dan ilmunya dikenal dengan Khat. Berdasarkan hadis ulama Al-Akfani (1349 M), Khat merupakan ilmu yang mengenalkan tentang huruf-huruf tunggal dan cara meletakkannya ke dalam sebuah tatanan atau rangkaian tulisan, atau juga apapun yang ditulis dengan media garis, dan bagaimana yang harus ditulis atau yang tidak (boleh) ditulis, beserta apa dan bagaimana ejaan yang dapat diubah.



Walau begitu, bangsa Arab faktanya termasuk tertinggal dalam kaligrafi dibandingkan dengan bangsa lainnya. Contohnya bangsa Mesir melalui tulisan Hierogliph, bangsa Indian melalui Devanagari, dan juga bangsa Jepang melalui aksara Kaminomoji. Ketertinggalan ini disebabkan bangsa Arab merupakan bangsa yang hidupnya nomaden (sering berpindah) dengan begitu untuk komunikasi lebih mementingkan lisan dibanding tulisan.

Tulisan pun baru dikenali oleh bangsa Arab saat masa kedatangan Islam, yang dibarengi dengan aksara Arab. Setelah beberapa abad, beberapa tokoh Islam pun terkenal dengan seni kaligrafi, misalnya Abul Aswad ad-Du’ali (688 M), Yusuf as-Sijzi (825 M), Ibnu Muqlah (940 M), dan Yaqut al-Musta’simi (1298 M). Dimulai yang awal mulanya sebagai media untuk menyalin kitab suci, seni kaligrafi pun berkembang menjadi produk seni yang bermacam-macam.

PERLENGKAPAN KALIGRAFI


Tentu terdapat berbagai macam perlengkapan yang mampu digunakan untuk membuat seni kaligrafi. Perlengkapan itu juga menyesuaikan dengan gaya sang pembuat seni kaligrafi, sebab setiap alat dan medianya dapat menghasilkan karakter kaligrafi yang berbeda-beda.


1. Alat Gambar


Fungsinya adalah menciptakan kaligrafi itu sendiri, dan jenisnya pun bermacam-macam. Berikut merupakan macam-macam alat gambar yang mampu digunakan.

- Pensil


Pensil sudah menjadi alat tulis serta menggambar sejak ditemukannya grafit yang merupakan bahan utama. Semakin lama semakin berkembang sebab grafit sebagai bahan mampu diubah level kekerasannya sehingga menghasilkan ketebalan garis yang berbeda. Semakin keras grafit maka semakin tipis coretan garisnya, serta semakin lunak maka semakin tebal garisnya.

- Pena


Pena menjadi pilihan utama untuk seseorang yang ingin menciptakan kaligrafi dengan garis yang tampak lebih kokoh serta tegas dibanding dengan pensil. Pena pun memiliki berbagai jenis, seperti pena bambu, pena bulu, pena kayu, serta juga pena logam. Untuk pena logam dapat dicari mudah di toko, sedangkan lainnya harus dibuat dengan sendiri.

Untuk pena bambu serta kayu, kita bisa membuatnya sendiri memakai batang atau ranting bambu yang dipotong dengan panjang kira-kira 20 cm atau secukupnya kita. Kemudian ujung dipotong secara runcing atau pipih bergantung dengan ketebalan yang mau dihasilkan. Sedang untuk pena bulu, bulu binatang yang paling pas adalah ayam, angsa, bebek atau merak.

Untuk pena logam, kita mampu mencarinya dengan gampang di toko yang menjual bermacam perlengkapan kantor. Pena logam ini biasanya dijual dengan ujung (nib) yang bervariasi untuk menghasilkan garis yang tipis sampai tebal.

- Spidol


Selain untuk menulis, spidol juga biasa digunakan untuk menggambar, dan tentu juga bisa digunakan untuk membuat seni kaligrafi. Secara struktur, di dalam spidol terdapat tinta yang disimpan dalam busa. Spidol sendiri tersedia dalam berbagai jenis warna, dengan begitu kita dapat berkreasi dengan gampang. Selain itu karena tintanya berada di dalamnya busa spidol, kita tak perlu takut tinta tersebut tumpah berceceran.

- Pulpen


Walau warna yang ditawarkan amat terbatas (hitam, biru dan merah), pulpen dapat menjadi opsi bagi Anda yang ingin membuat seni kaligrafi. Memang perlu cara tersendiri untuk membuat sebuah garis tebal seperti kuas atau spidol, tetapi seni kaligrafi yang dihasilkan dari sebuah spidol mampu terlihat indah. Secara struktur, pulpen mempunyai ujung bulat layaknya bola yang berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.

2. Pewarna Gambar


Untuk mengaplikasikan warna, ada berbagai macam peralatan yang tersedia dan bisa Anda gunakan.


- Pensil Warna


Dilihat dari bentuk memang tak jauh berbeda dengan pensil biasa. Perbedaan terletak di isinya, dimana pensil pada umumnya menggunakan grafit, sedangkan pensil warna berisi leads yang memiliki bahan campuran yakni pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax serta serfactant.

Sekarang ada juga pensil warna yang sesudah digoreskan pada kertas, mampu dikuaskan oleh air sehingga tampak terlihat seperti cat air. Cara yang benar dapat menciptakan kaligrafi yang menawan.

- Cat Air


Sifat cat air adalah tipis dan tidak bisa menghasilkan hasil kuasan yang tebal. Andaikata sebuah warna ditindih oleh warna lainnya, maka warna yang tertumpuk masih akan samar-samar terlihat.

- Cat Minyak


Untuk seorang pelukis, maka cat minyak adalah bahan yang sangat umum digunakan. Cat minyak tersebut digunakan sebagai pewarna dengan menggunakan pengencer minyak. Cat minyak pun dapat menghasilkan kesan yang gelap serta terang. Kaligrafi tentunya juga dapat diciptakan menggunakan cat minyak.

- Cat Semprot


Biasa dikenal dengan air brush. Untuk menggunakannya dibutuhkan alat yakni kompresor untuk menyemprotkan cat yang wujudnya cair ke permukaan media. Secara umum cat semprot banyak dipakai untuk memperindah kendaraan. Namun ada juga yang menggunakan cat semprot pada media seperti tembok, bahkan kuku. Diperlukan teknik yang tinggi untuk menggunakan cat semprot ini.

- Tinta


Pasangan dari kuas ini telah digunakan sejak dulu baik untuk menulis atau membuat sebuah karya seni rupa. Kalau dahulu hanya terdapat warna hitam saja, saat ini warna tinta pun bermacam-macam dan dibuat menggunakan bahan yang juga bermacam-macam.

3. Media Gambar


Jika alat dan bahan menciptakan kaligrafi sudah ada, maka satu hal penting yang lain tentunya media untuk membuat gambar.




- Kertas


Kertas merupakan media utama bagi menggambar, terlebih kaligrafi. Kertas sendiri telah ditemukan sejak dulu di Tiongkok dan masih digunakan hingga kini. Sejak ditemukan, kertas menjadi media penting untuk menulis ataupun menggambar.

Kertas pun merupakan media yang pas bagi Anda yang ingin belajar untuk menggambar kaligrafi. Misalnya menggaris sketsa terlebih dahulu memakai pensil. Sehingga jika salah, maka bisa dihapus dengan gampang. Setelah itu garis-garisnya bisa dibuat tebal dan diberikan warna.

- Kanvas


Jika membahas kegiatan melukis, maka kanvas merupakan media terpenting. Kanvas merupakan kain yang dikombinasikan dengan lem dan memiliki permukaan yang bertekstur. Kanvas pun dapat bertahan lama jika disimpan dengan seksama.

- Kulit Hewan


Sebelum ditemukannya kertas, manusia menggunakan kulit hewan yang telah dikeringkan dan disamak untuk dijadikan media tulis atau gambar. Kulit hewan yang umum digunakan adalah sapi atau kerbau. Kulit pun merupakan bahan yang awet untuk disimpan.

- Plastik, Kayu, Besi dan lainnya


Bergantung dengan kreatifitas si perupa, banyak media yang dapat dipakai untuk menulis, melukis, menggambar, atau membuat seni kaligrafi. Misalnya adalah lembaran kayu atau bahkan bodi kendaraan yang dilukis dengan cantik memakai air brush.

KALIGRAFI DENGAN SPIDOL


Siapa bilang kita tidak dapat membuat kaligrafi dengan spidol? Ketika membuat sebuah kaligrafi yang berisi font atau teks, ada kalanya kita perlu membuat garis yang tebal. Menggunakan spidol, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengulangi garis yang sudah dibuat, tapi jelasnya membutuhkan waktu yang lama.

Alternatifnya bisa menggunakan spidol kaligrafi dengan ujung yang lebar dan sudut antara 30-40 derajat untuk menghasilkan garis yang tebal. Satu spidol yang menawarkannya adalah Uni POSCA Marker Pen.

Ada berbagai macam jenis spidol/marker POSCA yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran ujungnya pun bermacam-macam, dengan paling kecil adalah untuk menghasilkan garis tipis 0,7 mm, hingga garis tebal 15 mm. Untuk warnanya pun berbagai macam seperti White, Black, Yello, Gold, Silver, Red, Green, Blue, Pink dan Light Blue. Untuk sebagian tipe memiliki tambahan warna seperti Violet, Brown dan Bright Yellow. Masing-masing tipe mempunyai jumlah warna yang berbeda.



Jika memakai spidol biasa, maka kita harus melakukan modifikasi membuat spidol kaligrafi sendiri yakni dengan cara memotong ujung spidol dengan sudut miring supaya bisa menghasilkan garis yang tebal (dan tipis jika dibalik). Cara memotong spidol kaligrafi juga termasuk gampang dengan mengandalkan cutter yang tajam.

Akan tetapi jika kita tak ingin repot, maka bisa menggunakan spidol khusus kaligrafi yang dapat dijumpai dalam bermacam-macam merk.Terdapat berbagai merk spidol untuk kaligrafi, seperti Snowman, Artline, dan tentu saja spidol kaligrafi POSCA. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).




SPIDOL KALIGRAFI POSCA




Spidol kaligrafi POSCA adalah spidol atau marker water-based yang dapat dipakai untuk berbagai macam permukaan. Bahan cat yang ada di dalamnya tak berbahaya. Selain itu water-resistant atau anti air setelah kering dan tak tembus pada kertas.

Spidol ini dapat dipergunakan untuk membuat gambar atau kaligrafi dengan desain yang berbeda-beda pada beberapa permukaan, misalnya kertas, kayu, kardus, plastik, kaca, besi dan bahkan papan selancar. Banyak artis yang terkenal dengan membuat gambar dan kaligrafi menggunakan spidol kaligrafi POSCA. Hasilnya dikenal dengan POSCA art. Pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).

spidol kaligrafi

FAKTA SPIDOL KALIGRAFI POSCA


Anda yang baru pertama kali tahu tentang spidol POSCA pasti akan memiliki banyak pertanyaan mengenai nilai tambah yang dibawanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berisi berbagai macam informasi mengenai spidol kaligrafi POSCA.



spidol kaligrafi

+ Apakah spidol POSCA sifatnya permanen?
- Hasil dari spidol akan permanen pada bahan yang berpori seperti kain, kertas, kayu dan lainnya. Tetapi tidak permanen (dapat dihapus) pada permukaan tak berpori seperti misalnya kaca.

+ Apakah tidak berbahaya untuk anak?
- Semua tipe spidol POSCA adalah water-based, sehingga sangat aman untuk anak.

+ Dapatkah digunakan pada wajah?
- Spidol POSCA membawa bahan tidak beracun dan dapat dengan gampang dibersihkan saat terkena kulit. Tetapi jangan dipakai secara sembarangan pada kulit seperti wajah seseorang, apalagi spidol ini belum diuji melalui standar kosmetik serta dermatologi.

+ Apakah dapat diisi ulang/refill?
- Semua tipe spidol POSCA tak dapat diisi ulang.

+ Berapa lama waktu kering spidol POSCA?
- Lama pengeringannya termasuk cepat. Umumnya, goresan spidol akan cepat kering pada permukaan yang berpori-pori.

+ Apakah warna yang telah menempel pada permukaan akan tetap permanen?
- Cat yang dihasilkan spidol POSCA dapat permanen pada permukaan berpori-pori. Tetapi Anda dapat lebih mengoptimalkannya dengan melakukan bermacam cara, seperti memberikan lapisan pernis, membakarnya jika Anda menggunakan keramik, atau menyetrika ketika menggunakan POSCA pada kain.

+ Apa yang harus dilakukan jika ujung spidol kering?
- Tidak perlu cemas saat tutup spidol hilang dan ujung spidol (tip) pun kering. Dengan adanya mekanisme piston dan katup, cukup tekan ujung spidol ke dalam untuk mengeluarkan kembali cat yang ada di dalam spidol. Jika ujung spidol POSCA sangatlah kering, cukup lepaskan dan basahi dengan air.

+ Apakah ujung spidol (tip) dapat diganti?
- Bisa untuk beberapa tipe tertentu, yakni POSCA PC-1M, PC-3M, PC-5M, PC-8K dan PC-17K.

+ Karakter yang dapat dihasilkan menggunakan spidol POSCA?
- Cat yang dihasilkan adalah tebal dan pekat. Anda bisa mencampurnya atau menambahkan yang telah ada dengan yang baru. Karakteristiknya kurang lebih seperti cat akrilik.

+ Bisakah spidol POSCA dipakai pada kain?
- Bisa. Anda bisa menggunakannya di bermacam jenis kain dan berubah menjadi semakin permanen setelah disetrika dan tidak akan luntur saat dicuci. Tapi ketahanan kain jelas kembali lagi pada varian kain yang digunakan.

Agar benar-benar permanen, setrika kain di balik gambar tanpa menggunakan setrika uap. Agar maksimal, cuci kain terlebih dulu sebelum menggunakan spidol POSCA. Untuk bahan kain yang lembut, disarankan untuk menggambar garis tepi terlebih dulu kemudian baru dalamnya diwarnai untuk menghindari warna yang menyebar.

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan pada permukaan batu?
- Spidol kaligrafi POSCA bisa digunakan pada permukaan tanah liat, semen dan bebatuan. Anda dapat menambahkan lapisan pernis atau memanggangnya di dalam oven (tergantung permukaan objek) untuk mempertahankan warnanya.



spidol kaligrafi

+ Dapatkah spidol POSCA digunakan di kaca?
- Hasil spidol kaligrafi POSCA dapat permanen atau tidak saat diaplikasikan pada kaca. Permanen saat kaca dipanaskan. Jika tidak maka cukup hapus saja menggunakan lap basah.

+ Berapa lama waktu spidol POSCA akan kering di kayu yang belum diolah?
- Normalnya spidol akan menyerap dengan cepat dan benar-benar kering sesudah 5 menit.

+ Apakah spidol POSCA dapat bekerja maksimal pada kayu?
- Asal permukaan kayu sudah diamplas, maka spidol POSCA dapat dipakai secara maksimal.

+ Dapatkah bekerja dengan baik pada Gunpla atau plastic model kit lain?
- Iya, karena spidol POSCA dapat digunakan pada permukaan plastik.

+ Apakah bisa digunakan pada sol sepatu?
- Sangat bisa sekali, tetapi lama-kelamaan bisa terkikis mengingat sol sepatu biasanya bergesekan dengan berbagai permukaan. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


VIDEO POSCA ART


Berikut adalah contoh dari penggunaan spidol kaligrafi POSCA:


SENIMAN PENGGUNA POSCA


Spidol kaligrafi POSCA dikenal mampu digunakan untuk di berbagai varian permukaan, dan banyak sekali seniman yang menggunakannya untuk membuat sketsa, gambar dan lain-lain. Jadi bisa dibilang bahwa POSCA merupakan spidol khusus seni kaligrafi. Anda bisa melihat hasil karya mereka pada halaman Instagram masing-masing .

- Tom Haugomat (@tomhaugomat)


Ilustrator yang berdomisili dari Paris ini mampu membuat sebuah gambar berupa garis yang bersih dengan detail yang tinggi, padahal ia sering menggambar dengan media berukuran yang termasuk kecil seperti misalnya notebook. Semuanya ia lakukan memakai spidol kaligrafi POSCA. Langsung saja akses halaman Instagram-nya untuk melihat hasil karyanya.

spidol kaligrafi

- Mark Conlan (@markconlan)


Seniman yang satu ini biasa membuat sketsa terlebih dulu menggunakan pensil, kemudian baru memberikan warna dengan spidol POSCA. Ia memiliki cir khas sering menggunakan ruang kosong (negative space) dari kertas untuk digunakan bagian dari gambar yang telah dibuat.

spidol kaligrafi

- Drew Brophy (@drewbrophy)


Ia merupakan surfer traveler artist, dimana ia sering menggunakan papan selancar sebagai media untuk menggambar memakai spidol POSCA. Selain itu ia juga kerap menggambar menggunakan media kaos dan kain dalam skala yang cukup besar.

[caption id="" align="alignnone" width="640"]spidol kaligrafi Pemesanan hubungi 089664552551 (WA/SMS/Telp).[/caption]

- Alice Mollon (@ajmollon)


Salah satu ciri khasnya adalah memblok kertas dengan satu warna sebagai background. Kemudian baru ia mengaplikasikan gambar di atasnya. Menggunakan cara seperti ini, ia harus menunggu lapisan background kering terlebih dahulu baru kemudian mulai menggambar di atasnya.

spidol kaligrafi

- Sebastien Cordat (@sebastien.cordat)


Selain membuat gambar, mahasiswa desain grafis di Perancis ini kerap menciptakan desain huruf atau lettering menggunakan spidol POSCA. Untuk membuat lettering atau typography, ia menggunakan tipe spidol POSCA dengan ujung kecil seperti PC1-M dan PC1-MR yang masing-masing dapat membuat garis setebal 1 mm dan 0,7 mm.

spidol kaligrafi

Dari berbagai hasil sketsa para seniman di atas, dapat kita lihat sendiri jika POSCA adalah spidol yang tepat untuk menggambar, membuat sketsa atau membuat kaligrafi. Untuk pemesanan kontak 089664552551 (WA/SMS/Telp).


TIPE SPIDOL POSCA


Terdapat 7 varian spidol POSCA dengan spesifikasi yang berbeda, khususnya pada bagian ujungnya (tip) untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda pula. Berikut adalah tipenya:

- PC1-M (1mm) - Extra Fine, 14 total Colors available
- PC1-MR (.7mm) - Extra Fine, like a fineliner or lining pen, 17 colors available
- PCF-350 (brush tip) - 11 colors available
- PC3-M (1.5mm) - 27 colors available
- PC5-M (2.5mm) - 33 colors available
- PC8-K (8mm) Broad chisel tip, 35 colors available, widest color range
- PC17-K (15mm) Extra broad, 8 colors available

spidol kaligrafi

JUAL SPIDOL KALIGRAFI


Cari spidol untuk kaligrafi POSCA? Langsung hubungi kami di nomor 031-5966426 | WhatsApp: 089664552551. Atau langsung kunjungi di Ruko Galaxi Bumi Permai Ruko J1-36, Sukosemolo - Sukolilo Surabaya. Melayani pengiriman ke berbagai kota di Indonesia.

Lantas berapakah harga spidol kaligrafi tersebut? Anda dapat langsung mengontak nomor yang tersedia di atas untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kegunaan spidol posca

Jual Spidol Kaligrafi POSCA, Alat Khusus untuk Membuat Kaligrafi

Jual Spidol POSCA, Spidol Marker Khusus untuk Menggambar Kaligrafi